
Strategi Pengembangan Bisnis Pembibitan Tanaman Kehutanan (Studi Kasus Di CV. Duta Mitra Usaha)
Pengarang : Risman Arif Hidayat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah sebagai bisnis pembibitan tanaman hutan penting untuk dikembangkan karena kegiatan harus dijalani dengan serius, CV Duta Mitra Usaha mengikuti kegiatan kebijakan pemerintah karena dengan mengutamakan pelestarian sumber daya alam dan fungsi lingkungan hidup, memelihara tata air, serta untuk memperluas kesempatan usaha dan lapangan kerja, meningkatkan sumber dan pendapatan negara devisa serta memacu pembangunan daerah.
Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis pembibitan tanaman kehutanan pada CV. Duta Mitra Usaha. Penelitian dilaksanakan di CV. Duta Mitra Usaha Juata Permai Tarakan- Kalimantan Utara. Waktu penelitian dilakukan selama 6 bulan Maret sampai Agustus Tahun 2015. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sedangan metode analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut Hasil analisis matriks SWOT diketahui pelaku bisnis pembibitan tanaman kehutanan CV Duta Mitra Usaha berada pada kuadran I dengan titik koordinat (X : 1.55 = Y : 1.30), yaitu kuadran Growth Oriented Strategy. Strategi yang dapat dilakukan pelaku bisnis pembibitan tanaman kehutanan CV Duta Mitra Usaha pada kuadran I Strategi Growth Oriented Strategy, dengan melihat matriks IFAS dan EFAS adalah a). Peningkatan kualitas benih/bibit a.1. Perbaikan pendistribusian bibit. a.2. Sertifikasi mutu benih/bibit. b). Peningkatan jaringan kemitraan b.1. Meningkatkan kerjasama kemitraan dengan instansi non pemerintah. b.2. Memperluas jaringan di luar Kota Tarakan.
Kata Kunci: Strategi, Bisnis, Pembibitan tanaman kehutanan, SWOT
The background of this research was as a business breeding forest plants need to be developed for the activities to be undertaken seriously, CV Duta Mitra Usaha participated in the government's policy as to give priority to the preservation of natural resources and environmental functions, maintaining the water system, as well as to expand business opportunities and employment, increase revenue sources and foreign countries and spur regional development. The research goal was to analyze the business development strategy in the forestry plant nursery CV. Duta Mitra Usaha. Research conducted at CV. Duta Mitra Usaha Juata permai-Kaltara Tarakan. The research was carried out during March 6 until August 2015. the research sample was determined by using purposive sampling technique, Whereas methods of analysis used descriptive analysis method. From these results we can conclude the following matters: SWOT matrix analysis results are known forestry plant nursery businesses CV Duta Business Partners are in quadrant I with the coordinates (X: 1:55 = Y: 1.30), the quadrant Growth Oriented Strategy. Strategies to do business people plant nurseries forestry CV Duta Business Partners in quadrant I, Strategy Growth Oriented Strategy, with a view matrix IFAS and EFAS a). Improving the quality of seeds / seedlings a1. Improvements distribution of seeds. a.2. Quality certification of seeds / seedlings. b). Increased partnership network b.1. Increase partnership with non-government agencies. b.2. Extend the network outside the town of Tarakan. Keywords: Strategy, Business, forestry plant nursery, SWOT