Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online Di SMAK Frateran Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online Di SMAK Frateran Don Bosco Tarakan

Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online Di SMAK Frateran Don Bosco Tarakan

Pengarang : Maria Oktaviana Perada - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan fenomena dan pengamatan awal ada beberapa siswa belum memiliki kemampuan dan keterampilan untuk meregulasi dirinya dalam belajar dengan baik yang kemungkinan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian jenis survei dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dan disebarkan secara online dengan membagikan link google form. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar selama pembelajaran online di SMA Frateran Don Bosco Tarakan. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel 100% dari populasi, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 67 siswa. Pengolahan data ini menggunakan teknik analisis deskripsi dan uji regresi linear sederhana dengan SPSS versi 24.0. berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa : hasil uji hipotesis nilai signifikan sebesar (0,0960>0,05). Dengan demikian tidak ada pengaruh antara self regulated learning terhadap hasil belajar, namun terdapat hubungan 0,6%.

Kata Kunci: Self Regulated Learning Dan Hasil Belajar

Based on pheomena and initial observations, there were some student with less competencies and skills to well regulate themselves in learning and possibly result in low learning achievement. This research was classified into a survey study using a descriptive-quantitative method. The research data were collected using a Likert scale distributed online by sharing a google form link. The purpose of this research was to figure out the effect of self-regulated learning on the students’ learning achievement during online learning at SMA Frateran Don Bosco Tarakan. 67 students were selected as the research samples using a descriptive analysis techniquens and simple linear regression test with SPSS version 24.0. Basen on data analysis, it can be concluded that the hypothesis testing results had the significant value of 0.0960>0.05. Thus, self-regulated learning did not affect the students’ learning achievement, yet there was a relationship of 0.6%. Keywords: Self-Regulated Learning and Learning Achievement

Detail Informasi