Persepsi Mahasiswa FKIP UBT Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Mahasiswa FKIP UBT Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Persepsi Mahasiswa FKIP UBT Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Pengarang : Emanuel Gaudensius Golar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Mahasiswwa FKIP Universitas Borneo Tarakan terhadap Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Penilaian persepsi dilakukan dengan mengacu pada 3 indikator yaitu: Teknis, Pembelajaran, dan Fasilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui Google Form kepada 100 mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020 dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Hasil peenelitian menunjukan mahasiswa lebih banyak memiliki persepsi sangat baik terhadap pembelajaran daring di masa pandemi. Hasil penelitian perindikator juga menemukan bahwa mahasiswa banyak memiliki persepsi baik terhadap indikator teknis, pembelajaran dan fasilitas. Ini menunjukan bahwa proses pembelajaran daring berhasil dilakukan dengan baik oleh dosen. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa nilai Persepsi Mahasiswa FKIP Universitas Borneo Tarakan terhadap Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19 dengan tingkat persepsi 84%.

Kata Kunci: Persepsi, Teknis, Pembelajaran, Fasilitas

The purpose of this study was to find out the perceptions of FKIP students at Universitas Borneo Tarakan towards online learning during the Covid-19 Pandemic. This study employed the survey research approach. The examination of perception was done through three indicator: technical, learning, and facilities. In 2018, 2019, and 2020 the data was collected through online questionnaire administered by Google Form to 100 students using a purposive random sample technique. The results of this study showed that during the pandemic, more students had a positive perception of online learning. According to the findings of the indicator research, many students had positive evaluations of technical indicator, learning, and facilities. This demonstrated that the lecturers did a good job whit the online learning process. Overall, it could be determined that FKIP Universitas Borneo Tarakan students’ perception value of online learning during the Covid-19 Pandemic was 84 percent positive. Keywords: Perception, Technical, Learning, Facilities

Detail Informasi