
Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Akibat Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan
Pengarang : Achmad Hanapi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran daring terhadap minat siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia akibat pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jenis penelitian ini digunakan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh pembelajaran daring terhadap minat siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian dilaksanakan secara daring (online) dengan membagikan angket melalui google formulir (google form) kepada siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independen) pembelajaran daring dan variabel terikat (dependen) minat belajar. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa Y = 35,342 + 0,168 X, yang memiliki arti bahwa pembelajaran daring berpengaruh positif dengan minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t yaitu Thitung sebesar 3,311 dan nilai Ttabel =2,023, maka Thitung 3,311 > Ttabel 2,023 dengan taraf signifikan 5% dengan Thitung > Ttabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Data hipotesis ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran daring terhadap minat belajar Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Dampak positif pembelajaran daring terhadap minat belajar bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan adalah siswa mampu memahami terkait penggunaan dan pemanfaatan teknologi, meningkatkan kemandirian peserta didik, dan siswa dapat beradaptasi untuk dapat belajar dimana saja. Sejatinya pendemi covid-19 ini adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari, sehingga perlu hadirnya adaptasi-adaptasi baru terhadap segala aktivitas kita sehari-hari termasuk dalam kegiatan belajar mengajar.
The purpose of this study is to determine and describe the effect of online learning on student interest in Indonesian subjects due to the COVID-19 pandemic at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. This type of research is quantitative research using survey methods. This type of research is used to test the hypothesis about the effect of online learning on student interest in Indonesian language subjects at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. The research was carried out online by distributing questionnaires via Google Forms to students. In this study there are two variables, namely the independent variable (independent) online learning and the dependent variable (dependent) interest in learning. The results of the regression analysis showed that Y = 35.342 + 0.168 X, which means that online learning has a positive effect on students' interest in learning Indonesian. While testing the hypothesis by using the t test, namely Tcount of 3.311 and the value of Ttable = 2.023, then Tcount 3.311 > Ttable 2.023 with a significant level of 5% with Tcount > Ttable, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This hypothesis data shows that there is a positive influence of online learning on interest in learning Indonesian at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. The positive impact of online learning on interest in learning Indonesian at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan is that students are able to understand the use and utilization of technology, increase students' independence, and students can adapt to be able to study anywhere. Indeed, the COVID-19 pandemic is something that we cannot avoid, so it is necessary to bring new adaptations to all of our daily activities, including teaching and learning activities.