Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP Negeri 10 Tarakan Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP Negeri 10 Tarakan Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19

Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP Negeri 10 Tarakan Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19

Pengarang : Sherly Jelita Putri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru matematika dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19, (2) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi munculnya kesulitan yang dialami guru matematika dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19, dan (3) untuk menghasilkan beberapa alternatif guna meminimalisir kesulitan yang dialami guru matematika dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19, guru matematika mengalami kesulitan yang memuat tujuh aspek kompetensi pedagogik guru yaitu mengenal karakteristik siswa, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum, melaksanakan pembelajaran yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi, berkomunikasi dengan siswa, serta melaksanakan penilaian dan evaluasi. (2) Faktor yang mempengaruhi munculnya kesulitan yang dialami guru matematika dalam pembelajaran daring yaitu rendahnya partisipasi dan keaktifan siswa mengikuti pembelajaran daring, kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran daring, dan kurangnya sarana prasarana untuk mendukung pembelajaran daring. (3) Cara meminimalisir kesulitan yang dialami guru matematika dalam pembelajaran daring yaitu mengingatkan dan memberikan motivasi kepada siswa, melakukan koordinasi dengan wali kelas, menyampaikan kembali kepada siswa mengenai dasar materi prasyarat dari materi yang guru ajarkan, menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa, mengarahkan siswa untuk melihat dan membaca buku paket atau LKS saat pembelajaran berlangsung, serta mengirimkan video dari youtube yang disesuaikan dengan materi.

Kata Kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

The purposes of this study were (1) to describe mathematics teachers difficulties on implementing online learning during the COVID-19 pandemic, (2) to investigate the main factors that influence the emergenceof difficulties faced by mathematics teachers on implementing online learning during the COVID-19 pandemic, and (3) to suggest several alternatives to minimize the difficulties faced by mathematics teachers on online learning during the COVID-19 pandemic. The type of research was a qualitative descriptive approach. Data collection was conducted by making an interview and taking documentation. The analysis technique used Huberman and Miles; data reduction, data presentation (data display), and conclusions (conclusion drawing/verification). The results showed that in conducting online learning during the COVID-19 pandemic, mathematics teachers, mathematics teachers faced seven difficulty aspects, namely a) identifying students characteristics, b) understanding online learning theory and teaching and learning principles, c) developing national curriculum, d) implementing learning that educates, e) understands and develops students talent, f) building communication with students, and g) carries out assessment and conducting online evaluation. The main factors that influence the emergence of difficulties faced by mathematics teachers on online learning were low participation and students activeness in participating through online learning, the lack of students abilities in joining online learning, and the lack of online learning facilities that support online learning. The last main data was to minimize the difficulties faced by mathematics teachers on online learning, namely a) reminding and motivating students, b) coordinating with the teacher class, c) conveying back to students about the basic prerequisite material from the material that the teacher teaches, d) using an easy language, e) guide students to read textbooks or worksheets during learning, and f) sending youtube learning link that were adapted to the learning material. Keyword: Teachers difficulties, Online Learning, COVID-19 Pandemic

Detail Informasi