Analisis Efisiensi Pemasaran Dan Informasi Pada Pada Tata Niaga Hortikultura Komoditas Buah-Buahan Di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Efisiensi Pemasaran Dan Informasi Pada Pada Tata Niaga Hortikultura Komoditas Buah-Buahan Di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan

Analisis Efisiensi Pemasaran Dan Informasi Pada Pada Tata Niaga Hortikultura Komoditas Buah-Buahan Di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan

Pengarang : Patillah Bte Zainab - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Latar belakang dari penelitian pemasaran buah-buahan (durian, mangga dan rambutan) adalah salah satu komoditas yang di pasarkan di Tawau (Malaysia). Oleh karena tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui saluran pemasaran dalam tataniaga hortikultura komoditas buah-buahan di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah, (2) Untuk mengetahui efesiensi dan margin pemasaran tiap saluran pemasaran pada tataniaga hortikultura komoditas buah-buahan di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah, (3) untuk mengetahui peran sistem informasi pasar dalam tataniaga hortikultura komoditas buah-buahan di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah. Metode analisis yang digunakan adalah untuk mengetahui marjin pemasaran menggunakan analisis marjin pemasaran, untuk mengetahui farmer’s share menggunakan analisis farmer’s share sedangkan untuk mengetahui efisiensi pemasaran menggunakan analisis efisiensi pemasaran.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Marjin pemasaran yang terjadi pada saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II berbeda-beda, marjin pemasaran tertinggi diperoleh oleh lembaga pemasaran pedagang pengumpul pada saluran pemasaran II pada komoditas durian dan rambutan sebesar Rp 6.000. farmer’s share yang terjadi pada saluran pemasaran I dan II berbeda-beda, farmer’s share yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran I yang memiliki farmer’s share terbesar sebesar 100% yang diterima petani. Pada saluran pemasaran I dan II saluran pemasaran komoditas buah-buahan (durian, mangga dan rambutan) di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah efesien. Hal ini di tunjukan pada indikator analisis efesiensi pemasaran. Kondisi tersebut dipengaruhi kecilnya biaya pemasaran yang dikeluarkan yaitu biaya timbang, biaya transportasi dan biaya pengepakan yang cukup kecil nilainya. informasi pasar berperan demi keberlangsungan kegiatan jual beli di Tawau (Malaysia), dalam hal ini responden bisa memanfaatkan informasi pasar dalam hal penentuan harga.
Kata Kunci: Buah-buahan, Margin Tataniaga, saluran pemasaran, Efesiensi, dan Informasi Pasar

Background of marketing research fruits (durian, mango and rambutan) is the one commodity that is marketed in Tawau (Malaysia). Therefore the purpose of this study were (1) to determine the marketing channels in business administration horticultural fruit commodity in the village of Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah, (2) To determine the efficiency and marketing margins per channel marketing in business administration horticultural fruit commodity in the Village Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah, (3) to determine the role of market information systems in business administration fruits of horticultural commodities in the village of Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah. The analytical method used was to determine the marketing margin analysis of marketing margin, to determine the farmer's share analysis farmer's share while to determine the efficiency of marketing analysis marketing efficiency. Based on the results, it can be concluded that the marketing margin that occurs in marketing channels I and II of marketing channels vary, the highest marketing margin obtained by marketing agencies collectors on the marketing channel II on commodity durian and rambutan Rp 6.000. farmer's share happens to the marketing channels I and II is different, the farmer's share of the most efficient marketing channel contained on farmer's I who have the largest share of 100% received by farmers. In the first and second marketing channel marketing channels of commodity fruits (durian, mango and rambutan) in the village of Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah efficiently. It is the show at marketing efficiency analysis indicators. The condition affected his marketing costs incurred that weigh costs, transportation costs and packaging costs are quite small value. market information role for the sustainability of trading activities in Tawau (Malaysia), in this case the respondent may make use of market information in terms of pricing. Keywords: Fruits, Margin business administration, marketing channels, Efficiency and Market Information

Detail Informasi