Hubungan Antara Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V SDN 023 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V SDN 023 Tarakan

Hubungan Antara Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V SDN 023 Tarakan

Pengarang : Rizki Amalia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca siswa terhadap hasil belajar di kelas V SDN 023 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Korelasional yang dilaksanakan pada bulan Desember semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 023 Tarakan yang berjumlah 79 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan bantuan Software SPSS versi 24.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara minat baca siswa terhadap hasil belajar di kelas V SDN 023 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi Product Moment diperoleh nilai rhitung 0,595 ˃ rtabel 0,220 pada taraf signifikan 5%. Besar korelasi antara minat baca siswa terhadap hasil belajar di kelas V SDN 023 Tarakan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 35,40% sedangkan sisanya sebesar 64,60% ditentukan oleh variabel lain.

Kata Kunci: Minat Baca Siswa, Hasil Belajar

This research aimed to figure out the relationship of reading interest with learning achievement of Grade V students at SDN 023 Tarakan. This research was classified into a Correlational Quantitative study conducted in December within the odd semester of academic year 2021-2022. The research population and samples were all 79 Grade V students at SDN 023 Tarakan. This research used a saturated sampling technique. The research data were collected through questionnaires, interviews, and documentation. The research data were processed using SPSS software version 24.0 for windows. The research results showed that there was a relationship of reading interest with learning achievement of Grade V students at SDN 023 Tarakan. Based on the calculation of Product Moment correlation, the Rcount value was 0.595 with the Rtable value of 0.220 at the significant level 5%. The relationship of reading interest with learning achievement of Grade V students at SDN 023 Tarakan was classified into a medium category. Based on the test results, the determination coefficient (R2) was 35.40% while the remaining 64.60% was determined by the other variables not included in this research. Keywords: Reading Interest, Learning Achievement

Detail Informasi