
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Cabai Merah Besar (Capsicum annuum L.) Di Kota Tarakan (Studi Kasus: Pasar Gusher Dan Pasar Tenguyun)
Pengarang : Nurlita Novianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Cabai merah besar merupakan salah satu komoditi yang tidak dapat ditinggalkan dalam kebutuhan rumah tangga meskipun bukan bahan baku utama dalam masyarakat, harga cabai merah besar sangat fluktuatif dan tidak terlepas dari adanya pengaruh permintaan yang terjadi di pasar. Penelitian ini dilakukan di Pasar Gusher dan Pasar Tenguyun Kota Tarakan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan cabai merah besar di Kota Tarakan dan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap permintaan cabai merah besar di Kota Tarakan. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 responden dengan menggunakan metode Quota Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan menggunakan program analisis SPSS Versi 18. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengajukan kuesioner kepada responden. Variabel bebas yang digunakan yaitu harga cabai merah besar (X1),Harga barang subtitusi (X2),harga barang komplementer(X3),pendapatan (X4). Berdasarkan hasil Uji F dengan nilai Fhitung 15,376 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh positif dan sigifikan terhadap permintaan cabai merah besar (Y) di Kota Tarakan sedangkan hasil analisis koefisien determinasi diketahui nilai Adjusted R Square (R2 ) sebesar 0,628 artinya 62,8% permintaan (Y) cabai merah besar di Kota Tarakan dijelaskan oleh faktor harga (X1), faktor harga barang subtitusi (X2),faktor harga barang komplementer (X3) dan faktor pendapatan (X4). Sedangkan sisanya 37,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap permintaan cabai merah besar (Y) adalah harga cabai merah besar (X1) dengan nilai t hitung = -2,647 dengan tingkat signifikasi 0,013 < 0,05 dan harga barang subtitusi (X2) dengan nilai t hitung = 2,551 dengan tingkat signifikasi 0,016 < 0,05.
Kata kunci: Permintaan, harga, cabai, subtitusi, komplementer, pendapatan
Big red chili is one commodity that can not be left in the household although not the main raw material in the community, a large red chili prices are very volatile and can not be separated from the influence of demand in the market. This research was conducted in Gusher Markets and Market Tenguyun Tarakan City. The purpose of this research was to determined the factors that influence the demand for great red chili in Tarakan and to determined the factors that most affect the demand for great red chili in Tarakan. Respondents were used in this research were 35 respondents used quota sampling method. This research uses the classical assumption test analysis and multiple linear regression analysis used the program SPSS Version 18. Data collected techniques in this research was to propose a questionnaire to the respondent. The independent variables used are large red chili prices (X1), prices of goods substitution (X2), the price of complementary goods (X3), income (X4). Based on the test results F with a value of F 15,376 with sig 0,000 > 0,05 indicate that the independent variables together influence positively and significance to request red chili big (Y) in Tarakan, while the results of the analysis of the coefficient of determination is known the value of Adjusted R Square (R2) of 0,628 means that 62,8% of requests (Y) big red chili in Tarakan explained by the price factor (X1), the price factor substitution goods (X2), the price factor of complementary goods (X3) and factor income (X4). While the remained 37,2% is explained by other factors not examined in this research. Based on t test results showed that the factors that most affect the demand for great red chili (Y) is a large red chili prices (X1) with a value of t = - 2,647 with significance level 0,013 < 0,05 and the price of goods substitution (X2) with a value of t = 2,551 with a significance level of 0,016 < 0,05. Keywords: Demand, price, chili, substitute, complementary, revenue