Pengaruh Produksi Dan Harga Terhadap Pemasaran Ikan Kering Tipis (Nomei harpodon nehereus) Di Kelurahan Juata Laut Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Produksi Dan Harga Terhadap Pemasaran Ikan Kering Tipis (Nomei harpodon nehereus) Di Kelurahan Juata Laut Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan

Pengaruh Produksi Dan Harga Terhadap Pemasaran Ikan Kering Tipis (Nomei harpodon nehereus) Di Kelurahan Juata Laut Kecamatan Tarakan Utara Kota Tarakan

Pengarang : Hadi Saputra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pertanian dan industri pengolahan hasil pertanian (Agroi ndustri) merupakan sektor yang mempunyai peran cukup besar dalam meningkatkan perkembangan perekonomian (Soekartawi,1999), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan terkendali yang mempengaruhi pemasaran ikan kering tipis di Kota Tarakan. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden dengan menggunakan metode Quota Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang digunakan apabila peneliti mempunyai pertimbangan tertentu dalam menetapkan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan mengajukan kuesioner kepada responden. Variabel bebas yang digunakan yaitu variabel produksi (X1) dan variabel harga (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap pemasaran (Y). Berdasarkan penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 3.942 + 0.190X1 + 0.820X2 + e artinya bahwa dimensi pemasaran bertanda positif dan produksi dan harga bersama-sama memiliki pengaruh positif. Berdasarkan hasil uji F sebesar 11.626 dengan signifikan 0,000 < 0,05 bahwa variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap pemasaran. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinan R square (R2) sebesar 0,386 artinya 38,6 % hubungan pemasaran (Y), ikan kering tipis di Juata Laut, Kota Tarakan dengan variabel produksi dan harga hubungannya cukup. Sedangkan sisanya 61,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pemasaran, Produksi, dan Harga

Agriculture and agricultural product processing industry (Agro Industry) is a sector that has a significant role in improving economic development (Soekartawi, 1999), this study aimed to determined the factors that affect the controlled environment of a thin dried fish marketing in Tarakan. Samples taken as many as 40 respondents using quota sampling method, the sampling technique used when researchers have a particular consideration in determining the sample. Data collection techniques in this research is by submitting a questionnaire to the respondent. The independent variables were used that production variables (X1) and the price variable (X2) significantly influence the marketing of (Y). Based on the research, obtained the following regression equation: Y = 3,942 + 0.190X1 + 0.820X2 + e means that the dimensions of marketing is positive and the production and price together have a positive influence. Based on the test results of F 11.626 with significant 0,000 < 0.05 that the independent variables have a significant influence on marketing. Based on analysis of the determinants of R square coefficient (R2) of 0.386 means that 38.6% of relationship marketing (Y), dried fish thin Juata, Kota Tarakan with variable production and prices do enough. While the remaining 61.1% is explained by other factors not examined in this study. Keywords: Marketing, Production and Price

Detail Informasi