Keragaan Pasar Usaha Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada UKM AQSHA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Keragaan Pasar Usaha Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada UKM AQSHA

Keragaan Pasar Usaha Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada UKM AQSHA

Pengarang : Edi Darmawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Budidaya jamur tiram merupakan salah satu solusi untuk memenuhi permintaan konsumen karena penyediaan jamur tiram secara alami tidak lagi dapat memenuhi permintaan konsumen. Dari saluran pemasaran yang ada rendahnya tingkat harga yang diterima produsen erat kaitannya dengan rantai pemasaran yang panjang. Oleh karena itu tujuan dari pemasaran, dan farmer’s share pada keragaan pasar usaha jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) di UKM AQSHA.
Penelitian ini dilaksanakan di UKM AQSHA Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif meliputi saluran pemasaran dan analisis kuantitatif meliputi margin pemasaran, dan farmer’s share.
Hasil penelitian menunjukkan keragaan pasar usaha jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) berdasarkan saluran pemasaran yaitu terdapat dua pola saluran pemasaran jamur tiram yang terbentuk, saluran I : Produsen – Konsumen, dan saluran pemasaran II : Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen. Hasil analisis marjin pemasaran yaitu terdapat marjin pemasaran yang berbeda-beda pada tiap-tiap saluran pemasaran, marjin pemasaran tertinggi diperoleh oleh lembaga pemasaran pedagang pengecer 1 pada saluran pemasaran II yaitu sebesar Rp. 20.000,- dan marjin pemasaran terendah diperoleh saluran pemasaran I yaitu Rp.0. sedangkan analisis farmer’s share menunjukkan saluran pemasaran I yang paling efisien jika dibandingkan pada saluran pemasaran II karena memiliki farmer’s share sebesar 100%, hal ini disebabkan karena produsen tidak melibatkan pedagang perantara dalam proses pemasaran jamur tiram.
Kata kunci: Keragaan pasar, Jamur Tiram, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share

case study the UKM AQSA ''. Supervised by Dr. Elly Jumiati, S.P., M.P. Oyster mushroom cultivation is one of the solutions to meet consumer demand for the provision of the oyster mushroom naturally no longer be able to meet consumer demand. Of the existing marketing channels the low level of prices received by producers is closely related to the length of the marketing chain. Therefore, the objective of the study is to examine the pattern of marketing channels, marketing margins, and the farmer's share of the business market keragaan white oyster mushroom (Pleurotus ostreatus) in UKM AQSHA. The research was conducted on UKM AQSHA Eastern District of Tarakan City. The analytical method used in this research is descriptive analysis includes qualitative and quantitative analysis of marketing channels include the marketing margin, and the farmer's share. The results show the performance of the enterprise market white oyster mushroom (Pleurotus ostreatus) based channel marketing is there are two patterns of marketing channels formed oyster mushroom, channel I: Manufacturers - Consumer and marketing channels II: Manufacturers - Wholesalers Retailers - Consumer. Marketing margin analysis that there is a marketing margin that varies in each marketing channel, the highest marketing margin obtained by marketing agencies retailers 1 on the marketing channel II is Rp. 20.000, - and the lowest marketing margin obtained marketing channels of I that Rp.0. while the farmer's share analysis shows marketing channels I most efficient when compared to the second marketing channel because it has the farmer's share of 100%, this is because the manufacturer does not involve middlemen in the marketing process oyster mushrooms. Keywords: The performance of the market, Oyster Mushroom, Channel Marketing, Marketing Margin, Farmer's Share

Detail Informasi