
Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pemasaran Keripik Tempe Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Bunga Serai Di Kecamatan Tarakan Tengah)
Pengarang : Bela Prahasini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Melalui Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) pengolahan tempe dari bentuk primer menjadi produk baru dapat memberikan nilai tambah sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem pengolahan industri pengolahan keripik tempe UKM Bunga Serai untuk menghasilkan produk, nilai tambah yang diperoleh, dan strategi pemasaran industri keripik tempe Bunga Serai. Metode analisis data menggunakan metode nilai tambah Hayami dan metode analisis SWOT. Untuk pembuatan keripik tempe menggunakan bahan baku tempe dan bahan penolong yang selalu tersedia di daerah penelitian. Nilai tambah yang dihasilkan usaha industri keripik tempe di daerah penelitian bernilai positif. Dalam mengembangkan nilai tambah usaha pengolahan keripik tempe menggunkan strategi pemasaran melalui 4P (product, price, promotion, place). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan keripik tempe membutuhkan waktu 3 hari dalam satu kali produksi. Keuntungan yang diperoleh pengusaha sebesar Rp. 544.629 dalam satu kali produksi. Nilai tambah yang diperoleh pengusaha dalam memproduksi produk olahan keripik tempe adalah sebesar Rp. 45.189 rasio nilai tambah tergolong tinggi (43,03% > 40%). Strategi pemasaran yang dilakukan UKM Bunga Serai adalah Strategi SO (menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang), Strategi ST (memanfaatkan kekuatan Untuk mengatasi ancaman), Strategi WO (meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang), Strategi WT (meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman).
Kata Kunci: Keripik Tempe, Nilai Tambah, Strategi Pemasaran
The purpose of this study to find out how the industrial processing systems tempe chips UKM (Small And Medium Interprises) Flower Serai to produce the product, the added value obtained, and industry marketing strategies tempe chips Flower Serai. Methods of data analysis using value-added Hayami and SWOT analysis method. For the manufacture of of tempe chips using tempe raw materials and auxiliary materials are always avaible in the study area. The added value of industrial enterprises produced tempe chips in the study area is positive. In developing value- added processing business tempe chips using the marketing strategy through the 4P (product, price, promotion, place). Based on the results, it can be concluded that the process of making tempe chips require a relatively short time. Gains derived businessman Rp. 544.629 in one production. Added value of the enterpreneurs in the manufacture of processed products tempe chips is Rp. 45.189 added value ratio is high (43,03%> 40%). The marketing strategi of (UKM) Flowers Serai is SO strategy (Using Force to take advantage of oppurtunities), ST strategy (Utilizing the trength to cope with the threat), WO Strategy (minimizing weaknesses to exploit oppurtunities), WT Strategy (minimizing weaknesses and avoid threats). keywords: tempe chips, value-added, marketing strategy