Pengembangan Aplikasi “Bang Sikung” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Aplikasi “Bang Sikung” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan

Pengembangan Aplikasi “Bang Sikung” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Febriyani Nursyam - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbentuk aplikasi berbasis Android yakni “BANG SIKUNG” untuk pembelajaran matematika khususnya pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Tarakan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Hasil penelitian menghasilkan produk media pembelajaran berupa aplikasi berbasis Android yang telah melalui beberapa tahapan pengembangan media berdasarkan model Borg dan Gall, yaitu: 1) Penelitian dan Pengumpulan Data (Research and Information); 2) Pengembangan Draf Produk (Depelov Premilinary Form of Product); 3) Uji Coba Lapangan (Premilinary Field Testing); dan 4) Revisi Produk Akhir (Final Product Revision). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor dan persentase kelayakan aplikasi “BANG SIKUNG” berbasis Android dari ahli media yakni rata-rata skor sebesar 3.50 dengan kategori Sangat Baik dan persentase kelayakan sebesar 87.50% dengan kategori Sangat Layak. Dari ahli materi yakni rata-rata skor sebesar 2.93 dengan kategori baik dan persentase kelayakan 73.33% dengan kategori Layak. Uji coba yang dilakukan pada siswa kelas IX memperoleh rata-rata skor sebesar 3.69 dengan kategori Sangat Baik dan persentase kelayakan sebesar 92.25% dengan kategori Sangat Layak. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi “BANG SIKUNG” berbasis Android layak menjadi media pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negeri 7 Tarakan.

Kata Kunci: Android, Aplikasi, Media Pembelajaran, Layak, BANG SIKUNG

This research aimed to develop a product learning media in the form of Android-based application, called “BANG SIKUNG” for the mathematical learning, especially in Curve Side Geometry for the Grade IX students at SMP Negeri 7 Tarakan. The model developed in this study used the Borg and Gall development model. The research result showed a product of learning media in the form of Android-based application made through several media development stages based on the Borg and Gallmodels: 1) Research and Information; 2) Developing Preliminary Form of Product; 3) Preliminary Field Testing; and 4) Final Product Revision. The research result showed that the average score and feasibility percentage of Android-based application “BANG SIKUNG” given by the media expert was 3.50 and classified into very good category, while the feasibility percentage was 87.50% and classified into very feasible category. The material expert gave the average score of 2.93 and was classified into good category, while the feasibility percentage was 73.33% and classified into feasible category. The trial performed to the Grade IX students had the average score of 3.69 and was classified into very good category, while the feasibility percentage was 92.25% and classified into very feasible category. Thus, Android-based application “BANG SIKUNG” was considered feasible to use as mathematical learning media for Grade IX students of SM Negeri 7 Tarakan. Keywords: Android, Application, Learning Media, Eligible, BANG SIKUNG

Detail Informasi