
Pengaruh Pemberian Soal Pada Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 8 SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Afifa Dwi Handayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian soal pada aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian true experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, angket, dan dokumentasi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 56 siswa. Adapun analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan Paired Sampel t-Test dengan bantuan software SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara selisih hasil nilai angket siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz berpengaruh dalampemberian soal terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Hal ini berdasarkan hasil analisis data melalui uji Paired sampel t-Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga pemberian soal pada aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar, Matematika
This research aimed to figure out the effect of giving questions through Quizizz application on learning motivation of Grade VIII students at SMP Negeri 7 Tarakan. This research was classified as an experimental study with true experimental research using a pretest-posttest control group design. The research data were collected using interviews, questionnaires, and documentation. The research samples were 56 students. The research hypotheses were analyzed using the Paired Sample t-Test assisted with SPSS for windows software. The research results showed that there was a significant difference between the results of students' questionnaire scores in experimental class and in control class, showing that the use of Quizizz application affected the questions given to the learning motivation of Grade VIII students of SMP Negeri 7 Tarakan. Based on data analysis results, the Paired sample t-test had the significance value of 0.000 less than 0.05, meaning that Ha was accepted, while HO was rejected. Thus, giving questions through Quizizz application affected learning motivation of Grade VIII students of SMP Negeri 7 Tarakan. Keywords: Quizizz Application, Learning Motivation, Mathematics