Analisis Pemasaran Komoditi Durian (Durio zibethinus murray) Di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pemasaran Komoditi Durian (Durio zibethinus murray) Di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan

Analisis Pemasaran Komoditi Durian (Durio zibethinus murray) Di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan

Pengarang : Azrina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini (1) Menganalisis marjin pemasaran pada tiap-tiap saluran pemasaran (2) Menganalisis farmer share yang diterima petani komoditi durian (3) Menganalisis tingkat efisiensi saluran pemasaran komodi durian. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan. Metode analisis yang digunakan adalah untuk mengetahui marjin pemasaran menggunakan analisis marjin pemasaran (Hanafiah dan Saefuddin, 1986), untuk mengetahui farmer’s share menggunakan analisis farmer’s share sedangkan untuk mengetahui efisiensi pemasaran menggunakan analisis efisiensi pemasaran.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Marjin pemasararan yang terjadi pada saluran pemasaran I sampai saluran pemasaran IV berbeda-beda, marjin pemasaran tertinggi diperoleh oleh lembaga pemasaran pedagang pengecer pada saluran pemasaran III sebesar Rp 30.000. farmer’s share yang terjadi pada saluran pemasaran I sampai IV berbeda-beda, farmer’s share yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran I yang memiliki farmer’s share terbesar sebesar 100% yang diterima petani. Pada saluran pemasaran I sampai IV saluran pemasaran komoditi durian di Kecamatan Nunukan Selatan efisien. Hal ini ditunjukan oleh nilai efisien pemasaran kurang dari 1%. Kondisi tersebut dipengaruhi kecilnya biaya pemasaran yang dikeluarkan yaitu biaya transportasi yang cukup kecil nilainya.
Kata Kunci: Durian, marjin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran

The purposes of this study were (1) to analyze the marketing margin on each channel marketing (2) to analize the farmer share received by farmers of durian (3) to analyze the level of marketing efficiency channels of durian commodity. This research was conducted in the South District Nunukan. The analytical method used was margin marketing analysis which aimed to determine the marketing margin (Hanafi and Saefuddin, 1986), to determine the farmer's share it used farmer's share analysis, while to determine the marketing efficiency it applied marketing efficiency analysis. Based on the results, it can be concluded that the marketing margin that occurs on the marketing channel I until marketing channelIV was different, the highest marketing margins earned by retailers marketing agencies on the marketing channel III amounting to Rp 30,000. farmer's share happened to the marketing channels I to IV are different, the farmer's share of the most efficient marketing channel contained on farmer I who had the largest farmer’s share which is 100% received by farmers. In marketing channels I to IV, the commodity of durian in the South District of Nunukan was efficient. This is evidenced by efficient marketing value which less than 1%. The condition was affected by the minimum marketing costs as transportation which is quite little in cost. Keywords: Durian, marketing margin, the farmer's share and marketing efficiency

Detail Informasi