Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Kepok (Musa paradisiaca formatypica) Di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Kepok (Musa paradisiaca formatypica) Di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan

Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Kepok (Musa paradisiaca formatypica) Di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan

Pengarang : Andi Opu Ulan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Komoditi pisang kepok memiliki prospek bisnis yang besar karena pisang kepok adalah tanaman ekonomis yang memiliki sifat pertumbuhan yang cepat dan dapat berproduksi dalam satu tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah pemasaran di Desa Aji Kuning berjalan secara efisien, karena petani Desa Aji Kuning cenderung menjual hasil produksinya ke Tawau. Oleh karena itu, untuk mengetahui saluran pemasaran berdasarkan margin pemasaran dan untuk mengetahui saluran pemasaran berdasarkan shift share. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui efisiensi pemasaran adalah pola saluran lembaga pemasaran, margin pemasaran dan analisis shift share. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam pemasaran pisang kepok Terdapat dua pola saluran pemasaran di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah dan yang efisien yaitu pola saluran II dengan margin pemasaran Rp.3.200 dan share harga yang diterima petani sebesar 66,67 > 50%. Shift share yang efisien dalam penelitian ini adalah pola pemasaran II karena Ski sebesar 1,95% dan Sbi sebesar 44,6%. Hal ini berarti kedua angka yang diperoleh masing-masing < 50%.
Kata Kunci: Pisang Kepok, saluran pemasaran, margin pemasaran, shift share

Kepok bananas commodity that has great prospects because the kepok bananas has rapid growth and be able to produce within a year.The purpose of this research is to know whether marketing in Aji Kuning Village going efficient, because Aji Kuning Village’s farmer disposed to sell the production to Tawau. Therefore, to know the channel of marketing based on margin of marketing and to know marketing channel based on shift share. This research conducted in Aji Kuning Village Sebatik Center Subdistrict Nunukan Regency Central. The methods analysis that researcher used to know the efficiency of marketing are channel pattern of marketing institute, margin of marketing, and shift share analysis. Based on the results of the research, it can be inferred that in the marketing of kepok bananas pattern there were two marketing channels in Aji Kuning Village Sebatik Center Subdistrict and the most efficient pattern is pattern of channel II because Shift share that efficient in this research is pattern of marketing II with margin of marketing Rp.3.200 and share of price that received by farmer amounts 66,67 > 50%. Shift share that efficient in this research is pattern of marketing II because Ski amounts 1,95% and Sbi amounts 44,6%. Therefore, from both of numeral that achieved < 50% each. Keywords: Kepok Banana, marketing channels, marketing margin, shift share

Detail Informasi