Peran Media Sosial Facebook Terhadap Promosi Penjualan Tape Ketan Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada UKM Sistape) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Media Sosial Facebook Terhadap Promosi Penjualan Tape Ketan Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada UKM Sistape)

Peran Media Sosial Facebook Terhadap Promosi Penjualan Tape Ketan Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pada UKM Sistape)

Pengarang : Wira Verawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pemanfaatan Media Sosial Bagi Masyarakat Kota Tarakan Salah Satunya Adalah Pemasaran Online. Pulau Tarakan Yang Dekat Dengan Negara Tetangga, Merupakan Peluang Tantangan Tersendiri Bagi Pelaku Bisnis UKM Di Kota Tarakan. Pemerintah Kota Tarakan Dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Akan Menjadikan Kota Tarakan Sebagai Kawasan Perdagangan Serta Pusat Transaksi Perdagangan Nasional Dan Internasional Dengan Konsep Go Modern- Go Digital - Go Online- Go Global Dalam Membentuk Digital Economy Ecosystem Serta Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas UKM Yang Ada Di Kota Tarakan.
Penelitian Dilaksanakan Pada UKM SISTAPE Di Adityawarman RT 09 No 11 Karang Balik Tarakan. Penelitan Ini Menghasilkan Analisis Kualitatif, Dengan Teknik Analisis Yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Penentuan Responden Di Lakukan Dengan Teknik Insidental Dimana Setiap Calon Responden Di Dapatkan Secara Kebetulan Dengan Ketentuan Responden Adalah Orang Yang Membeli Produk SISTAPE Melalui Media Sosial Facebook. Pengambilan Data Dengan Menggunakan Kuesioner, Jawaban Pada Kuesioner Diolah Menggunakan Korelasi Rank Spearman Dan Chi-Square. Penelitian Ini Juga Menghitung Penerimaan Dari UKM Sistape Selama Peneliti Melaksanakan Penelitian.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Peran Media Sosial Facebook Dinilai Baik Oleh 16 Responden (53,3%). Tidak Ada Hubungan Antara Efektivitas Promosi Dengan Responden Dalam Mencari Perhatian (Attention), Membuat Orang Tertarik (Interest), Dan Mendorong Orang Untuk Menginginkan (Desire). Namun Terdapat Hubungan Antara Karakteristik Responden Terhadap Efektivitas Promosi Dalam Hal Tindakan (Action) Yaitu Pembeli Bertindak Untuk Membeli Dan Merekomendasikan SISTAPE Pada Orang Lain Melalui Media Sosial. Pada Kenyataannya Penjualan Dengan Mempromosikan Melalui Facebook Berhubungan Dan Berdampak Karena Personal Selling Yaitu Dengan Tindakan Menginformasikan, Mendidik Dan Melakukan Persuasi Dari Ayu Sebagai Produsen Atau Penjual. Hasil Penelitian Pada UKM SISTAPE Menunjukan Bahwa Penerimaan Dari UKM SISTAPE Adalah Sebesar Rp.4.225.000 Dalam Kurun Waktu 1 Bulan Selama Kegiatan Penelitian Berlangsung.
Kata Kunci: Media Sosial, Facebook, Promosi, Tape Ketan

Utilization Of Social Media For The People Of Tarakan City One Of Them Is Online Marketing. Tarakan Island, Which Is Close To Neighboring Countries, Is A Challenge Opportunity For UKM In Tarakan City. Tarakan City Government In The Development Of Small And Medium Enterprises (SME/UKM) Will Make The City Of Tarakan As A Trading Area As Well As The Center Of National And International Trade Transactions With Go Modern Go Global Go Digital In Creating The Digital Economy Ecosystem And Increase The Capacity And Capabilities Of UKM Is In The City Of Tarakan. The Study Was Conducted On UKM SISTAPE, In Adityawarman RT 09 No 11 Karang Balik Tarakan. This Research Produces Qualitative Analysis, With Analysis Technique That Is Data Reduction, Data Presentation, And Conclusion. Determination Of Respondents To Do With Incidental Technique Where Each Prospective Respondents Get By Chance With The Provisions Of Respondents Are People Who Buy SISTAPE Products Through Social Media Facebook. Taking The Data Using Questioner, The Answer To The Questionnaire Was Processed Using Rank Spearman And Chi-Square Correlation. This Study Also Calculated The Acceptance Of UKM SISTAPE During The Study. The Results Show That The Role Of Social Media Facebook Ingood Value By 16 Respondents (53.3%). There Is No Relationship Between The Effectiveness Of Promotion With Respondents In The Attention, Make People Interested, And Encourage People To Desire. However, There Is A Relationship Between The Characteristics Of Respondents To The Effectiveness Of Promotion In Terms Of Action, That The Buyer Acts To Buy And Recommend SISTAPE To Others Through Social Media. In Fact, Sales By Promoting Through Facebook Related And Impacted By Personal Selling Is By The Act Of Informing, Educating And Persuading From Ayu As A Producer Or Seller. The Results Of The Study On UKM SISTAPE Showed That The Acceptance Of UKM SISTAPE Is Rp.4.225.000 Within 1 Month During The Research Activity. Keywords: Social Media, Facebook, Promotion, Fermented Rice

Detail Informasi