Analisis Efisiensi Subsistem Pemasaran Dalam Agribisnis Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jack) (Studi Kasus Di Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Efisiensi Subsistem Pemasaran Dalam Agribisnis Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jack) (Studi Kasus Di Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan)

Analisis Efisiensi Subsistem Pemasaran Dalam Agribisnis Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jack) (Studi Kasus Di Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan)

Pengarang : Nuria - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kecamatan Sebatik Barat Merupakan Satu Diantara Daerah Sentra Produksi Tanaman Kelapa Sawit Di Kabupaten Nunukan. Aktivitas Perdagangan Lintas Negara Sangat Berpotensi Dan Bermanfaat Bagi Penduduk Yang Tinggal Di Daerah Perbatasan. Seluruh Hasil Sumber Daya Alam Yang Dimiliki Pulau Sebatik Diperdagangkan Ke Tawau Satu Diantaranya Yaitu Komoditas Kelapa Sawit Tujuan Dari Penelitian Ini (1) Menganalisis Saluran Pemasaran TBS Kelapa Sawit (2) Menganalisis Marjin Pemasaran TBS Kelapa Sawit (3) Menganalisis Farmer’s Share Yang Diterima Petani Komoditi TBS Kelapa Sawit. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan. Metode Analisis Yang Digunakan Adalah Untuk Mengetahui Marjin Pemasaran Menggunakan Analisis Marjin Pemasaran, Untuk Mengetahui Farmer’s Share Menggunakan Analisis Farmer’s Share. Berdasarkan Hasil Penelitian, Dapat Disimpulkan Bahwa Marjin Pemasararan Yang Terjadi Pada Saluran Pemasaran I Sampai Saluran Pemasaran III Berbeda-Beda, Marjin Pemasaran Tertinggi Diperoleh Pada Saluran Pemasaran III Sebesar Rp. 560. Farmer’s Share Yang Terjadi Pada Saluran Pemasaran I Sampai III Berbeda-Beda, Farmer’s Share Yang Paling Efisien Terdapat Pada Saluran Pemasaran I Yang Memiliki Farmer’s Share Terbesar Sebesar 100% Yang Diterima Petani.
Kata Kunci: TBS kelapa sawit, saluran pemasaran, marjin pemasaran, dan farmer’s share

Sebatik Western Districts Is Among The Main Production Areas Of Oil Palm Trees In Nunukan. Border Trading Activity And Are Potentially Useful For The People Living In Border Areas. All Proceeds Of Natura Resources Owned Island Of Sebatik Traded To Tawau One Of Them, Namey Oil Palm. The Purpose Of This Research Were (1) To Analyze The Palm Oil TBS Duct Marketing, (2) To Analyze The Palm Oil TBS Margin Marketing, (3) To Analyze The Farmer’s Share Accepted By The Commodity Farmer Palm Oil TBS. This Research Conducted In Setabu, Sebatik Subdistrict, Nunukan Regency. The Analyze Method Used To Know The Margin Marketing Using Margin Marketing Analysis To Know The Farmer’s Share Using The Farmer’s Share Analysis. Based On The Result, Can Be Concluded That Margin Marketing Which Occurred On Duct Marketing I Until To Duct Marketing III Is Different. The Higher Margin Marketing Obtained On Duct Marketing III In Amount Of Rp.560. Farmer’s Share Which Occurred On Duct Marketing I Until III Is Different. The Most Efficient Farmer’s Share Exist On Duct Marketing I That Has The Higher Farmer’s Share In Amount Of 100% Accepted By The Farmer. Keywords: Palm Oil TBS, Duct Marketing, Margin Marketing, and Farmer’s Share

Detail Informasi