
Strategi Bauran Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Singkong Di Kota Tarakan
Pengarang : Joni Kardi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan (1) Mengetahui Bauran Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Singkong Di Kota Tarakan Dari Hasil Analisis Di Ketahui Bahwa Beberapa Industri Rumah Tangga Keripik Singkong Di Kota Tarakan Memasarkan Produknya Sampai Keluar Daerah Dan Beberapa Industri Rumah Tangga Keripik Singkong Lainnya Hanya Memasarkan Produknya Di Dalam Daerah Kota Tarakan. (2) Merumuskan Strategi Pemasaran Bagi Para Pelaku Usaha Industri Keripik Singkong Di Kota Tarakan. Adapun Industri Rumah Tangga Keripik Singkoong Yang Di Teliti Yaitu Indutri Rumah Tangga Keripik Singkong Karya Rahmad, Tiga Dara, Redjo, Kembang Turi, Dan Yudha. Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Deskriptif. Pengembilan Sampel Pada Penelitian Ini Diambil Dari Para Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Keripik Singkong Dan Di Analisis Dengan Analisis Deskriptif Dilanjutkan Dengan Internal-Eksternal Dan Analisis SWOT. Hasil Penelitian Menunjukkan Faktor-Faktor Lingkungan Internal Dan Lingkungan Eksternal Yang Mempengaruhi Bauran Pemasaran Pada Industri Rumah Tangga Keripik Singkong Di Kota Tarakan Adalah Lingkungan Internal Kekuatan (1) Terdapat Beberapa Cita Rasa Produk Keripik Singkong (2) Produk Sudah Terdaftar Di BPOM (3) Harga Terjangkau (4) Melibatkan Anggota Keluarga Sebagai Tenaga Kerja. Lingkungan Internal Kelemahan (1) Meski Telah Menggunakan Media Promosi, Namun Belum Melakukan Promosi Dengan Optimal (2) Alat Pengolahan Masih Secara Manual. (3) Secara Umum Bentuk Produk Biasa Saja ( (4) Kemasan Produk Kurang Menarik. Lingkungan Eksternal Peluang (1) Terdapat Media Online Sebagai Media Promosi. (2) Tempat Pengolahan Keripik Singkong Terjangkau Dari Pasar Untuk Memperoleh Bahan Baku. (3) Banyaknya Rumah Makan, Toko Dan Warung Sebagai Tempat Pemasaran. Lingkungan Ekternal Ancaman(1) Kualitas Bahan Baku Yang Ada Kurang Baik (2) Kurang Tersedianya Bahan Baku (3) Adanya Persaingan Usaha. Empat Strategi Bauran Pemasaran Industri Rumah Tangga Di Kota Tarakan Meliputi; S-O Memanfaatkan Keragaman Produk Untuk Memenuhi Permintaan W-O Menerapkan Promosi Dengan Menggunakan Media Sosial Maupun Media Cetak Agar Di Kenal Masyarakat Luas. S-T Menambah Pengalaman Kerja Bagi Pelaku Usaha W-T Memperluas Jangkauan Pemasaran.
Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, Keripik Singkong
The Purpose Of This Research (1) Knowing Mix Strategy The Marketing Of House Hold’s Cassava Chips In Tarakan City From The Result Of Analysis Is Known That Few House Hold Industry Of Cassava Chips In Tarakan City Market Their Product To Out Of Area And The Others Household Industry Of Cassava Chips Only Market Their Product Just In Tarakan City. (2) Formulate The Marketing Strategy For Bussinesmens Of Household Industry Cassava Chips In Tarakan City. Some Of Household Industry Of Cassava Chips In This Research Ar Household Industry Of Karya Rahmad, Tiga Dara, Redjo, Kembang Turi, And Yudha. The Type Of This Research Is Descriptive Analysis. The Sample In This Research Are Taken From The Bussinesmen’s Household Industry Of Cassava Chips And Analyzed With Descriptive Analysis Next With Internal-External And Analysis Of SWOT. The Result Of The Research Shows That Internal Environmental Factors And External Environmental Factors That Influence The Mix Marketing On Household Industry Of Cassava Chips In Tarakan City Are Internal Environmentd Power (1) There Many Taste Of Cassava Chips Product (2) The Product Has Been Registered On BPOM (3) Affordable Price (4) Involving The Family Members As The Worker. The Weeknes Internal Environmental (1) Even The Industry Using The Promotion Media, But Not Doing The Promotion Optimally (2) The Processing Device Still Doing By Manual (3) Generally The Shape Of The Product Just Ordinary (4) The Products Packaging Are Less Attractive. External Enviromental’s Opportunity (1) There Are Online Media As Apromotion Media (2) The Location Of Cassava Chip’s Process Are Affordable From The Market To Get The Raw Materials (3) There Are Many Restaurant, Store And Shop As The Place For Marketing. The Threat Of External Envoiromental (1) The Quality Of Raw Materials Are Not In Good Condition (2) The Raw Material Are Not Enought (3) The Business Competition. Four Mix Strategies Of Household Industry In Tarakan City Include. S-O Utilizes Diversity Of Products To Meet The Demands Of W-O Inplementing Promotions By Using Social Media And Print Media To Be Known To The Wider Community. S-T Adds Work Experience To W-T Business Actors Expanding Marketing Reach. Keywords: strategy, mix marketing, cassava chips