
Strategi Pengembangan Agribisnis Rumput Laut (Eucheuma cottonii) (Studi Kasus Di Desa Liang Bunyu Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan)
Pengarang : Ira Purwati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan (1) Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Lingkungan Internal Dan Lingkungan Eksternal Yang Mempengaruhi Pengembangan Agribisnis Rumput Laut Di Desa Liang Bunyu Dan (2) Merumuskan Strategi Pengembangan Agribisnis Rumput Laut Di Desa Liang Bunyu. Pengambilan Sampel Pada Penelitian Ini Sebagian Dari Petani Rumput Laut Dengan Jumlah 34 Responden Secara Acak (Random Sampling). Di Analisis Dengan Menggunakan Analisis Deskriptif Dilanjutkan Dengan Analisis Internal Dan Eksternal Dan Analisis SWOT. Berdasarkan Hasil Penelitian, Menunjukkan Bahwa Lingkungan Internal Adalah Kekuatan (Strenghts) Minat/Motivasi Masyarakat Tinggi Dalam Membudidayakan Rumput Laut (S1), Potensi SDA Berupa Lahan Budidaya Rumput Laut Yang Luas (S2), Tenaga Kerja Mudah Diperoleh Dari Lingkungan Sekitar (S3), Melibatkan Anggota Keluarga (S4). Dan Kelemahan (Weaknesses) Modal Usaha Petani Rumput Laut Terbatas (W1), Belum Terpenuhinya Ketersediaan Bibit Yang Berkualitas (W2), Pengalaman Petani Kurang (W3), Posisi Tawar Petani Lemah (W4). Sedangkan Untuk Lingkungan Eksternal Adalah Peluang (Opportunities) Dukungan Pemerintah Daerah (O1), Adanya Penyuluh Perikanan (O2), Peminjaman Kredit Modal Usaha Oleh Bank Dengan Bunga Relatif Rendah (O3). Dan Ancaman (Threats) Harga Rumput Laut Fluktuatif (T1), Adanya Hama/Penyakit (T2), Lingkungan Perairan Yang Tidak Menentu (T3), Banyak Pesaing Dari Daerah Lain (T4). Terdapat Empat Strategi Alternatif Yakni Strategi S-O (1) Pembentukan Kelompok Kepada Petani Rumput Laut Yang Didampingi Oleh Penyuluh Perikanan, (2) Memberikan Pelatihan Dan Pendampingan Secara Bertahap Kepada Pembudidaya Rumput Laut, (3) Memanfaatkan Potensi Laut Untuk Lahan Budidaya Rumput Laut Secara Optimal, (4) Memberikan Perkuatan Modal Usaha. Strategi W-O (1) Memberikan Bantuan Berupa Bentuk Perkuatan Modal Untuk Mengembangkan Usaha Petani Rumput Laut, (2) Membangun Kebun-Kebun Bibit Rumput Laut Kualitas Baik, (3) Pemberdayaan Melalui Pendampingan Mengenai Harga Jual Rumput Laut Dipasaran. Strategi S-T (1) Memberlakukan Jadwal Musim Tanam, (2) Pemberdayaan Kepada Masyarakat Pesisir Melalui Inovasi Teknologi Terbaru, (3) Meningkatkan Penanganan Pasca Panen. Strategi W-T (1) Meningkatkan Akses Permodalan, (2) Pembinaan Dan Pendampingan Kepada Pembudidaya Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Secara Optimal. (3) Memperluas Jaringan Pemasaran.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Agribisnis, Rumput Laut
The Purpose Of This Research Are (1) To Know The Internal Environment Factors And The External Factor That Influence The Seaweed Agribusiness Development In Liang Bunyu Village, And (2) To Formulate The Strategy Of Seaweed Agribusiness Development In Liang Bunyu Village. The Sampling In This Reasearch Is A Half From Seaweed Farmers, There Are 34 Random Sampling Respondents. Analyzed Using Descriptive Analysis, Internal And External Analysis, And SWOT Analysis. Based On The Result, It Is Indicated That Internal Environment Is The Strengths Of Society Motivation In Cultivate The Seaweed (S1), Natural Resources (SDA) Potential In The Form Of Seaweed Cultivation Wide Area (S2), The Labor Is Easily Obtained From The Surrounding Environment (S3), Involving Family Members (S4), And The Weaknesses Of Limited Financial Capital Seaweed Farmers (W1), Unfulfilled The Availability Of Quality Seeds (W2), The Experience Of Farmers Is Less (W3), The Bargaining Position Of Farmers Is Weak (W4), While For The External Environment Is The Opportunities For Local Government Support (O1), There Are Fishery Elucidation (O2), Venture Capital Credit Lending By Bank With Relatively Low Interest (O3), And The Threats Of Seaweed Price Fluctative (T1), The Presence Of Pests/Disease (T2), The Erratic Waters Environment (T3), A Lot Of Competitors From Other Regions (T4). There Are Four Alternative Strategies S-O (1) Group Forming To Seaweed Farmers Which Accompanied By Fishery Extension, (2) Provide Training And Mentoring Gradually To The Seaweed Cultivators, (3) Utilizing The Sea Potential For Cultivation Area Optimally, (4) Giving The Reinforcement Of Financial Capital. Strategy W-O (1) Giving The Aids In The Form Of Reinforcement Financial Capital To Develop Seaweed Farmers Trade, (2) Build The Good Quality Gardens Of Seaweed Seeds, (3) Empowerment Through Mentoring Recognize The Seaweed Selling Price In The Market. Strategy S-T (1) Impose A Schedule Of Planting Season, (2) Empowerment The Coastal Society Through The Latest Technology Innovation, (3) Increase The Post-Harvest Handling. Strategy WT (1) Increase Capital Access, (2) Coaching And Mentoring To Cultivators In Increasing Yield Production Optimally, (3) Expand The Marketing Network. Keywords: Development strategy, Agribusiness, Seaweed