
Analisis Kinerja Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Seafood Di Kota Tarakan (Studi Kasus Di “Depot Galih”)
Pengarang : Budi Kurniawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Salah Satu Kebutuhan Dasar Manusia Adalah Kebutuhan Fisiologis Yang Diantaranya Kebutuhan Akan Nutrisi (Makanan). Untuk Makanan Pemenuhanan Bisa Dengan Dimasak Sendiri Atau Membelinya Diluar Rumah. Dewasa Ini Makanan Yang Dijual Diluar Semakin Berkembang Mulai Dari Warteg, Rumah Makan, Restoran, Depot, Hingga Fast Food Restaurand (Restauran Siap Saji). Salah Satu Usaha Depot Kuliner Yang Berkembang Di Kota Tarakan Adalah Warung Seafood “Depot Gali” Yang Berada Di Kelurahan Karang Balik, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. Dengan Semakin Banyaknya Usaha Dibidang Kuliner Di Kota Tarakan Membuat Persaingan Usaha Dibidang Tersebut Juga Terjadi, Agar Tetap Eksis Di Usaha Kuliner Maka Para Pengusaha Juga Harus Memperhatikan Kualitas Dan Kepuasan Konsumen. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Pengaruh Kinerja Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Warung Seafood “Depot Gali” Di Kota Tarakan. Teknik Penarikan Sampel Yang Digunakan Adalah Quota Sampling. Quota Sampling Adalah Teknik Untuk Menentukan Sampel Dari Populasi Yang Mempunyai Ciri-Ciri Tertentu Sampai Jumlah Kuota Yang Diinginkan (Sugiyono, 2007). Jumlah Sampel Yang Dijadikan Responden Ebanyak 30 Orang. Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Analisis Regresi Sederhana. Berdasarkan Analisis Yang Dilakukan Diperoleh Hasil Penelitian Bahwa Nilai Y Yaitu Kepuasan Konsumen Dengan Persamaan Regresi Yang Diperoleh Dalam Penelitian Ini Adalah Sebagai Berikut: Y = 4,875+ 0,568x +E . Berdasarkan Uji F Dilihat Bahwa Variabel Independen Memiliki Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dengan Signifikansi Sebesar 0,00 < 0,05. Hasil Uji T Menunjukkan Bahwa Variabel Kinerja Produk Dengan Signifikansi Sebesar 0,000 Memiliki Pengaruh Positif Dan Signifikan Karena Nilai Sig < 0,05 Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Hasil Analisis Menunjukkan Adjusted R Square (R2) Sebesar 0,510 Artinya 51% Kepuasan Konsumen Dapat Dijelaskan Oleh Variabel Independen. Sedangkan Sisanya Sebesar 49% (100%-51%) Di Jelaskan Oleh Faktor Lain Yang Tidak Diteliti Dalam Penelitian Ini.
Kata Kunci: Warung Seafod, Kepuasan Konsumen dan Kinerja Produk
One Of The Basic Human Needs Is The Physiological Needs Which Include The Need For Nutrition (Food). For Food Fulfillment Can Be Cooked By Themselves Or Buy It Outside The House. Today The Food Is Sold Outside The Growing Of Start From Warteg, Restaurant, Restaurant, Depot, To Fast Food Restaurand (Fast Food Restaurant). One Of The Food Culinary Depots That Developed In Tarakan City Is A Seafood Stall "Depot Gali" Located In Karang Balik Village, Tarakan Barat Subdistrict, Tarakan City. With The Increasing Number Of Businesses In The Field Of Culinary In The City Of Tarakan Make Business Competition In The Field Is Also Happening, To Still Exist In The Culinary Business Then The Entrepreneurs Should Also Pay Attention To Quality And Customer Satisfaction. This Study Aims To Analyze The Effect Of Product Performance On Customer Satisfaction In Warung Seafood "Depot Gali" In Tarakan City. Sampling Technique Used Is Quota Sampling. Quota Sampling Is A Technique For Determining Samples From Populations That Have Certain Characteristics Up To The Desired Quota Amount (Sugiyono, 2007). The Number Of Samples Taken As 30 Respondents. Data Analysis Used In This Research Is Simple Regression Analysis. Based On The Analysis Conducted Obtained The Results Of Research That The Value Of Y Is Customer Satisfaction With The Regression Equation Obtained In This Study Are As Follows: Y = 4,875 + 0.568x + E. Based On F Test, It Is Seen That The Independent Variables Have A Significant Influence On The Factors That Affect Consumer Satisfaction With Significance Of 0.00 < 0.05. Result Of T Test Indicate That Product Performance Variable With Significance Equal To 0.000 Have Positive And Significant Influence Because Sig Value < 0,05 To Factor Influencing Consumer Satisfaction. The Result Of Analysis Show Adjusted R Square (R2) Equal To 0,510 Meaning 51% Of Consumer Satisfaction Can Be Explained By Independent Variables. While The Rest Of 49% (100% -51%) In Explained By Other Factors Not Examined In This Study. Keywords: Food stalls Seafood, Consumer Satisfaction and Product Performance