
Analisis Karakteristik Dan Sikap Konsumen Dalam Memilih Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Tarakan (Studi Kasus: Pasar Tenguyun Dan Sinar Terang Bersaudara)
Pengarang : Muhammad Irfan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Era globalisasi sekarang ini kegiatan bisnis khususnya pemasaran semakin meningkat. Banyak perusahaan yang memenangkan persaingan dengan melihat peluang bisnis yang ada berusaha menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka menguasai pasar, ada pun syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan dengan membuat citra yang baik di mata pelanggan itu sendiri yang nantinya akan menimbulkan loyalitas yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik konsumen Pasar Tenguyun dan Sinar Terang Bersaudara. 2) untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen dalam memilih Pasar Tenguyun dan konsumen Sinar Terang Bersaudara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif dan analisis angka indeks. Hasil penelitian yang di peroleh dari Pasar Tenguyun dan Sinar Terang Bersaudara. Karekteristik konsumen yang berbelanja di Pasar Tenguyun dan STB terdiri dari Karyawan, IRT, Wirausaha, Pelajar, dan PNS dengan usia 19 tahun sampai 50 tahun dengan pendapatan dari < Rp. 500.000 sampai Rp.4.999.000. untuk karakteristik konsumen di Pasar Tenguyun yang dimana jenis pekerjaan yang paling banyak berbelanja ialah Ibu Rumah Tangga (IRT) yang rentang usia 35 – 42 tahun dengan pendapatan rata – rata 1.500.000 – 2.999.000. Sedangkan karakteristik konsumen di Sinar Terang Bersaudara jenis pekerjaan yang paling banyak berbelanja ialah karyawan yang rentang usia 28 – 33 dengan pendapaatan rata – rata 1.500.000 – 2.999.000. Diketahui bahwa indeks sikap konsumen Sinar Terang Bersaudara lebih tinggi dibandingkan di pasar tenguyun, yang mendapatkan hasil nilai indeks sikap konsumen di Pasar Tenguyun sebesar 64,2%. Masuk kedalam kategori setuju, dan indeks sikap konsumen di Sinar Terang Bersaudara (STB) sebesar 77,6% yang masuk dalam kategori setuju, dari persentase tersebut diketahui perbedaan nilai indeks di kedua pasar yaitu sebesar 18,8%. Hasil sikap konsumen berdasarkan indikator adalah 1) Produk, bahwa di STB nilai indeks sikap konsumen berdasarkan produk sebesar 86% nilai tersebut lebih tinggi dari pada indeks sikap konsumen produk di pasar tenguyun dengan nilai 62%. 2) Harga, Sikap konsumen terhadap harga produk di pasar tenguyun lebih tinggi dari pada STB, dapat di lihat dari nilai indeks harga di pasar tenguyun sebesar 73,6%. Sedangkan Sinar Terang Bersaudara (STB) nilai indeks harga sebesar 68,4%. 3) Tempat, Sikap konsumen terhadap tempat di Sinar Terang Bersaudara (STB) lebih tinggi dengan indeks sikap konsumen berdasarkan tempat sebesar 83,5% dari pada pasar tenguyun yang dimana indeks sikap konsumen terhadap tempat sebesar 65,8%. 4) Promosi, Sikap konsumen terhadap promosi di STB lebih tinggi dengan indeks sikap konsumen berdasarkan promosi sebesar 72,4% yang masuk dalam kategori setuju dari pada pasar tenguyun dengan nilai indeks sikap konsumen berdasarkan promosi sebesar 55,3% yang dimana masuk kedalam kategori netral.
The current era of globalization business activities, especially marketing, were increas. Many companies win the competition by looking business opportunities trying to implement the right marketing strategy in order to master the market. There were conditions that must be met by a company in order to succeed in competition was to try to achieve goals, create and maintain customers by making a good image which will lead to sustainable liability. This study aims to datermine 1) determine the consumer characteristics of Tenguyun Market and Sinar Terang Bersaudara. 2) the differences consumer attitudes in choosing Tenguyun Market and Sinar Terang Bersaudara consumers. Data analysis used was descriptive analysis and analysis index. Research results obtained from the Tenguyun Market and Sinar Terang Bersaudara. Characteristics of consumer shop at Tenguyun Market and STB consist of employes, housewives, entrepreneurs, students, and civil Servants wich age 19 to 50 years and on income of < Rp. 500.000 to Rp.4.999.000. The most characteristics of consumers in Tenguyun Market, were housewives with the age ranges from 35 - 42 years and the average income of 1.500.000 – 2.999.000. the most characteristics of consumers in Sinar Terang Bersaudara was employees with the age ranges from 28 - 33 and average income was 1.500.000 – 2.999.000. Sinar Terang Bersaudara consumer attitude index was higher then in Tenguyun market, the results in a consumer attitude index in Tenguyun Market was 64,2% which is categorized as agree, and consumer attitude index at Sinar Terang Bersaudara (STB) was 77,6% which is categorized as agree, from this percentage it is known that the difference in index values in both markets were 18,8%. The rasult, of consumer attitude, based on the marketing mix were. 1) Product, it can be seen that consumer attitude index in STB based on the product was 86% which is higher than the consumer attitude index of the product in tenguyun market with a value was 62%. 2) Price, consumer attitude index in product prices in the tenguyun market was higher than the STB, can be seen from the price index in tenguyun market was 73,6%, while Sinar Terang Bersaudara (STB) price index value was 68,4%. 3) Place, consumer attitude index places in Sinar Terang Bersaudara (STB) was higher than in the tenguyun with consumer attitude index based place was 83,5% based, in tenguyun market the consumer attitude index of the place was 65,8%. 4) Promotion, consumer attitude index promotion at STB was higher than in tenguyun with the consumer attitude index based on promotion of 72,4% which is in the agree category of the tenguyun market with the value of the consumer attitude index based on promotion of 55,3% in the neutral categorized.