Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Malaysia Di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Di Desa Ajikuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Malaysia Di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Di Desa Ajikuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan)

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Malaysia Di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Di Desa Ajikuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan)

Pengarang : Faridah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Daerah Sebatik Adalah Daerah Perbatasan Yang Terletak Jauh Dari Perusahan-Perusahan Besar Yang Ada Di Indonesia Daripada Ke Negara Malaysia, Sehingga Tidak Heran Jika Produk-Produk Malaysia Lebih Dominan. Tujuan Melakukan Penelitian Ini Yang Pertama Adalah Untuk Mengetahui Apa Saja Karakteristik Konsumen Dan Rangsangan Produk Yang Mempengaruhi Konsumen Yang Membeli Beras Malaysia Di Wilayah Perbatasan Serta Tujuan Kedua Adalah Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Malaysia Di Wilayah Perbatasan. Analisis Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriktif Untuk Mengetahui Tujuan Pertama Dan Menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Mengetahui Tujuan Kedua. Variabel Yang Di Teliti Adalah 8 Variabel X Dan 1 Variabel Y Yang Di Mana Variabel X Terdiri Atas, Umur (X1), Jenis Kelamin (X2), Pendidikan Terakhir (X3), Angkatan Kerja (X4), Pendapatan Keluarga (X5), Harga (X6), Merek (X7), Dan Kualitas (X8) Serta Keputusan Konsumen (Y).
Berdasarkan Hasil Analisis Deskriptif Dapat Di Simpulkan Bahwa Dalam Karakteristik Konsumen Pada Tingkat Umur Yang Paling Banyak Adalah Tingkat Umur 46-60 Yaitu Sebanyak 19 Orang, Jenis Kelamin Yang Di Dominasi Jenis Kelamin Wanita Sebanyak 37 Orang, Pendidikan Terakhir Yang Paling Tinggi Adalah Tingkat Pendidikan SD/SMP/SMA Sebanyak 19 Orang, Angkatan Kerja Paling Banyak Adalah Tingkat Pengangguran Yaitu Sebanyak 23 Orang, Pendapatan Keluarga Konsumen Paling Banyak Adalah Tingkat Pendapatan Rp 500.000.001.500.000.00 Sebanyak 30 Orang, Dan Pada Rangsangan Produk Yang Paling Dominan Adalah Harga Yang Murah, Merek Yang Paling Banyak Adalah Merek “Nasional” Serta Kualitas Yang Paling Banyak Adalah Kualitasnya Baik Menurut Konsumen. Berdasarkan Analisis Regresi Linear Berganda Dalam Uji R Square Variabel X Mempengaruhi Variabel Y Sebesar 0,635 Di Mana Sisanya Dipengaruhi Oleh Faktor Lain Di Luar Model, Uji F Di Mana Tingkat Signifikannya Sebesar 0,000 < 0,05 Maka Dapat Di Simpulkan Bahwa Variabel X Secara Bersama-Sama Mempengaruhi Variabel Y Dan Pada Uji T Di Mana Uji T Variabel Yang Berpengaruh Adalah Jenis Kelamin Sebesar 0,008, Pendidikan Terakhir Sebesar 0,026, Pendapatan Keluarga Sebesar 0,049, Harga Sebesar 0,019 Dan Kualitas Sebesra 0,003.
Saran Dari Penelitian Adalah Sebaiknya Pemerintah Memperhatikan Permasalahan-Permasalahan Yang Terjadi Di Wilayah Perbatasan Terutama Kebutuhan Konsumen Yaitu Produk Beras Dan Kita Tidak Bisa Membiarkan Produk Beras Malaysia Terus Terjual Di Desa Ajikuning Karena Jika Hal Itu Terus Terjadi Akibatnya Akan Berdampak Buruk Terhadap Produk Dalam Negri.

Sebatik Region Was Border Region Which Placed Far From Big Companies In Indonesia Rather Than Malaysia, As The Result It Was Common If Malaysia’s Products Were Still Dominant. The First Aim To Do This Research Was To Know What Awer The Consumer Characteristics And Product Stimulation Which Affected Consumer Who Bought Malaysia Rice In Border Region. The Analysis Used Was Descriptive Analysis To Know The First Aim And Used Classic Asumption Test Analysis And Multiple Regression Analysis To Know Both Aims. The Variables Researched Were 8 Variables X And Variable Y Where Variable X Consisted Of Age X1, Gender X2, The Last Education X3, Workforce X4, Family Income X5, Price X6, Brand X7, And Quality X8 Along With Consumer Decision Y. Based On Result Of Descriptive Analysis Could Be Concluded That Consumer’s Characteristic Is Age 46-60 With Total 19 Persons, Gender Which Was Dominated By Woman With Total 37 Persons, The Highest Last Education Were Elementary/Junior/Senior High School With Total 19 Persons, The Most Workforce Was Unemployed With Total 23 Persons, The Most Consumer’s Family Income Was Income Level Rp 500.000.00-1.500.000.00 With Total 30 Persons, And On Product Stimulation Which Was The Most Dominant Was Cheap Price, The Most Brand Was National Brand And The Most Quality Was Good Based On Consumer. Based On The First Multiple Regressions In R Square Test Variable X Affected Variable Y With Amount Of 0.635 Where The Rest Was Affected By Other Factor Outside Of Model. Both F Test Where Significance Is 0.000>05 Then Could Be Concluded That Variable X Silmultaneously Affected Variable Y And The Last In T Test Where T Test Variable Which Had Effect Was Gender With Amount Of 0.008, The Last Education .026, Family Income With Amount Of 0.049, Price With Amount Of 0.019, And Quality With Amount Of 0.003. Suggestion From This Research Is Goverment Should Pay Attention To Problems Which Are Occurs In Border Region Especially Consumer’s Need There Are Rice Product, Although Malaysia Rice Product Is Proper To Be Sold In Ajikuning Village But We Cannot Let That Keep Happening, Because If It Keeps Happen. It Will Impact Loss Toward Local Product.

Detail Informasi