
Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Perhotelan Di Kota Tarakan
Pengarang : Aditya Priatama - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan fasilitas terhadap minat beli hotel berbintang di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dilanjutkan dengan snowball sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Sampel diisi oleh masyarakat Kota Tarakan yang belum pernah menginap dan mengetahui tentang hotel berbintang di Kota Tarakan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji-t, yang dioperasikan dalam program SPSS versi 16. Berdasarkan pada hasil penelitian ini fasilitas berpengaruh terhadap minat beli perhotelan di Kota Tarakan. Hal itu berdasarkan hasil uji yang dilakukan untuk melihat pengaruh tidak langsung dari fasilitas terhadap minat beli konsumen hotel berbintang. Dapat disimpulkan bahwa minat beli konsumen bisa muncul disebabkan adanya pengaruh dari fasilitas yang ditawarkan oleh pihak hotel, sehingga menarik minat konsumen hotel tersebut untuk menginap.
This study aims to determine the effect of price, location and facilities on interest in buying five-star hotels in Tarakan City. This study uses a quantitative approach. Samples were taken using purposive sampling technique and followed by snowball sampling. The sample used is 100 respondents. The sample is filled by the people of Tarakan City who have never stayed and know about five-star hotels in Tarakan City. The data analysis method used is multiple linear regression analysis and t-test, which is operated in the SPSS version 16 program. Based on the results of this study, facilities affect the purchase intention of hotels in Tarakan City. This is based on the results of tests conducted to see the indirect effect of facilities on consumer buying interest in star hotels. It can be concluded that consumer buying interest can arise due to the influence of the facilities offered by the hotel, thus attracting the interest of the hotel's consumers to stay.