
Strategi Pengembangan Agrowisata Karoengan Kelurahan Mamburungan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara
Pengarang : Sasnayanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penilitian ini bermaksud menjawab dua pernyataan terkait strategi pengembangan agrowisata karoengan yaitu pertama bagaimana karakteristik agrowisata karoengan dan kedua bagaimana strategi pengembangan agrowisata karoengan Kelurahan Mamburungan Kota Tarakan. Penelitian ini mengunakan metode penentuan sampel purposive sampling dengan informan kunci. Analisis menggunakan deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini yaitu (1) pengolahan Agrowisata Karoengan di Kelurahan Mamburungan Kota Tarakan perlu mempertimbangkan secara seksama beberapa aspek yang merupakan karateristik agrowisata yang akan melatarbelakangi keberhasilan pengelolaan agrowisata tersebut yaitu: Aspek sumberdaya alam, aspek keuangan, fasilitas, prasaran dan saran, serta aspek pemilihan lokasi agrowisata, (2) rekomendasi strategi yang dapat diberikan adalah strategi agresif yaitu strategi S-O yang yang mengunakan kekuatan internal objek kajian untuk memanfaatkan peluang eksternal yaitu dengan mengoptimalkan promosi agrowisata melalui website Simparkaltara.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Agrowisata
This research was intended to answer two questions related to the development strategies of the Karoengan agro-tourism. First, what are the characteristics of Karoengan agro-tourism and second, what are the strategies for the development of Karoengan agro-tourism in Mamburungan Village, Tarakan City. This study used purposive sampling method to determine the sample with key informants. Data were analyzed using descriptive and SWOT analyses. The results of this study showed that, first, the processing of Karoengan agro-tourism in Mamburungan Village, Tarakan City, needed to carefully consider several aspects which underlid the success of agro-tourism management, namely: natural resources, financial, facilities, infrastructure and advice, and selection of location of agro-tourism. Second, the recommended strategies that could be given were aggressive strategies such as the SO strategy using the internal strength of the object of study to take advantage of external opportunities and optimizing the promotion of agro-tourism through the Simparkaltara website. Keywords: Agro-tourism Development Strategy