UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Trend Dan Strategi Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Di Kota Tarakan

Analisis Trend Dan Strategi Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Di Kota Tarakan

Pengarang : Arni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Budidaya rumput laut jenis eucheuma cottoni banyak dilakukan oleh petani di kota tarakan dengan didukung karakteristik wilayah yang sesuai yaitu sebagai kota pulau. trend produksi dan pemasaran rumput laut diperkirakan terus meningkat seiring dengan meningkatkannya permintaan pasar. tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui trend pemasaran rumput laut di kota tarakan selama 5 tahun terakhir (2) mengetahui peramalan pemasaran rumput laut pada tahun 2020 hingga tahun 2024 di kota tarakan (3) mengetahui strategi pemasaran rumput laut di kota tarakan. lokasi penelitian di kelurahan pantai amal kota tarakan. metode yang digunakan adalah purposive sampling, penentuan responden menggunakan key informan sebanyak 20 orang. metode analisis yang digunakan yaitu kuadrat terkecil (least square method) dan analisis swot. hasil penelitian menunjukkan (1) pemasaran rumput laut di kota tarakan selama 5 tahun terakhir menunjukkan garis trend yang meningkat secara signifikan. (2) pemasaran rumput laut kota tarakan dalam 5 tahun kedepan diramalkan mengalami peningkatan setiap tahunya. berdasarkan hasil analisis didapatkan garis persamaan trend yaitu y = 1,508,345.67 + 138,690.26x. (3) berdasarkan hasil analisis swot berada pada kuadran ii strategi st (strength - threats) atau strategi diversifikasi, yaitu meningkatkan kualitas sdm dibidang rumput laut kota tarakan agar dapat memproduksi rumput laut yang berkualitas dan melakukan diversifikasi produk olahan rumput laut yang berdaya saing dan menghasilkan nilai tambah. berdasarkan strategi tersebut dibuatlah strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan pemasaran rumput laut kota tarakan yaitu meningkatkan kualitas rumput laut sesuai standar pasar dan diversifikasi produk olahan rumput laut, meningkatkan peran pemerintah daerah dalam menata distribusi pemasaran, fokus pada pasar yang sudah ada dan memperluas jaringan pasar serta memaksimalkan keberadaan pabrik rumput laut di kota tarakan, meningkatkan promosi melalui berbagai media dengan melibatkan stakeholder terkait. kata kunci: trend pemasaran, strategi pemasaran, bauran pemasaran dan rumput laut tarakan

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi