UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis CVP (Cost Volume Profit) Untuk Perencanaan Laba Pada Penjualan Media Tanam Di CV. Tunas Muda Jaya Kota Tarakan

Analisis CVP (Cost Volume Profit) Untuk Perencanaan Laba Pada Penjualan Media Tanam Di CV. Tunas Muda Jaya Kota Tarakan

Pengarang : Kevin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Media tanam merupakan salah satu komponen penting dalam melakukan bercocok tanam. salah satu perusahaan yang menjual media tanam di kota tarakan yaitu cv tunas muda jaya. dalam melakukan penjualan media tanam, cv tunas muda jaya mengalami fluktuasi, karena kurangnya perancanaan penjualan yang baik. yang berarti kemampuan cv tunas muda jaya dalam menghasilkan laba belum optimal. sehingga di butuhkannya perencanaan laba agar cv tunas muda jaya bisa mengoptimalkan laba. tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menghitung jumlah dan nilai penjualan media tanam pada cv tunas muda jaya pada titik break even point , (2) untuk menghitung margin of safety penjualan media tanam pada cv tunas muda jaya, (3) untuk menghitung perencanaan laba cv tunas muda jaya dengan target laba sebesar 20% pada tahun 2020. metode yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu metode penentuan sampel menggunakan puprposive sampling. metode analisis data menggunakan analisis cost-volume-profit. penelitian ini menunjukkan bahwa, bep unit sebesar 1,597 sak jika dibandingkan dengan jumlah penjualan perusahaan sebesar 4.199 sak maka usaha media tanam cv tunas muda jaya yang dilakukan dapat dikatakan untung, dan bep penerimaan rp. 39.919.330, bila dibandingkan dengan besarnya penerimaan perusahaan sebesar rp. 104.975.000 maka dapat di nyatakan bahwa usaha tersebut masih berada pada titik keuntungan. adapun nilai mos yang di dapatkan yaitu 62% hal ini menunjukan bahwa penjualan yang ada di usaha media tanam jika di turunkan tidak lebih dari 62%.berdasarkan hasil dari proyeksi laba yang diinginkan adalah sebesar rp. 63.119.400, maka penjualan yang harus dicapai adalah sebesar 4719 sak media tanam agar target laba sebesar 20% dapat terpenuhi. setelah melakukan penelitian, sebaikmya cv tunas muda jaya menigkatkan penjualannya agar mencapai target laba yang telah di tentukan perusahaan, dan tidak menurunkan jumlah penjualan. kata kunci: batas kemananan, biaya-volume-laba, target laba, titik impas

Abstrak Indonesia

Planting media is one of the important components in cultivating crops. one of the companies that sells planting media in tarakan city is cv tunas muda jaya. in selling the media, it experienced fluctuations, due to a lack of good sales planning it meant that its ability to generate profits was not optimal. therefore, it needed profit planning to optimize its profits. the objectives of this study were: (1) to determine the number and value of sales of planting media at cv tunas muda jaya at the break even point, (2) to determine the margin of safety of planting media sales at cv tunas muda jaya, (3) to determine planning profit of tunas muda jaya with a profit target of 20% in 2020. the research sample was determined using a purposive sampling technique. data were analyzed using the cost-volume-profit analysis. the results showed that as the bep unit was 1.597 sacks and the company's total sales was 4,199 sacks, it could be said that it was profitable. in addition, as the bep revenue was rp. 39,919,330 and the company revenue was rp. 104,975,000 it can be stated that the business was still at a profit point. the mos value obtained was 62%. this showed that sales decrease in the planting media business was not more than 62%. based on the results, if the expected profit projection was rp. 63,119,400 the sales had to reach 4719 sacks to meet the profit target of 20%. it was suggested that cv tunas muda jaya should increase its sales in order to achieve the profit target set by the company, and not reduce the number of sales. keywords: safety limit, cost-profit-volume, profit target, break-even point