
Pengembangan Media Pembelajaran QMAT “Quis Matematika” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Di SMPN 7 Tarakan
Pengarang : Abdul Qadir
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran qmat “quis matematika” berbasis android yang layak dan dapat meningkatkan motivasi siswa sebagai media pembelajaran matematika di smpn 7 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan di smpn 7 tarakan pada kelas viii model penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbentuk game berbasis android menggunakan web quickappninja adalah model pengembangan luther. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii smpn 7 tarakan sebanyak 30 siswa. hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran qmat yang dikembangkan berdasarkan aspek media masuk dalam kategori sangat baik dengan dengan skor 42. hasil validasi ahli desain pembelajaran memperoleh kategori sangat baik dengan skor 50. hasil validasi ahli materi memperoleh kategori sangat baik dengan skor 33. media pembelajaran qmat berbasis android ini memiliki peran positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan nilai gain yang berada dalam ketegori sedang. sehingga media pembelajaran qmat dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa smpn 7 tarakan. kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, qmat “quis matematika”, motivasi
Abstrak Indonesia
This research aimed to develop a feasible android-based mathematics quiz (qmat) learning media to increase students’ motivation as the mathematical learning media at smpn & tarakan. the study used r&d (research and development) method conducted at grade vii of smpn 7 tarakan. luther development model was used in this research to develop the learning media in the from of android-based game with quickappninja web. the research samples were 30 grade viii students of smpn 7 tarakan. the analysis results show that the qmat learning media developed based on media aspects was classified into excellent category with the score of 42. based on the validation result given by the material expert, the qmat learning media was classified into excellent category with the score of 50. similarly, based on the validation result given by the material expert, the qmat learning media was classified into excellent category with the score of 33. this android-based qmat learning media had a positive and significant role in increasing the students’ motivation to learn mathematics with the gain values classified into medium category. thus, the qmat learning media was feasibly used as one of learning media to increase the motivation of students at smpn 7 tarakan. keywords: development, learning media, mathematics quiz "qmat", motivation