
Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Dalam Pembelian Kopi Arabika (Coffea arabica l.) Dicoffe Shop Kota Tarakan (Studi Kasus: D’boss Caffe, Mr. Fuji Dan Mallabar Coffe)
Pengarang : Dewa Prayudi Setira
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Kopi arabika (coffea arabica) adalah kopi yang memiliki cita rasa yang lebih nikmat dengan memiliki ciri khas tersendiri. ciri khas dari kopi arabika adalah biji picak dan daun hijau tua dan berombak-ombak. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen kualitas penyajian dan kualitas pelayanan dicoffe shop kota tarakan dan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen (kualitas penyajian dan kualitas pelayanan) terhadap pembelian kopi arabika. penelitian ini merupakan peniltian kualitatif dan kuantitatif deskriptif dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling (pengambilan sampel yang disengaja dengan pertimbangan tertentu) dengan julah responden sebanyak 150 orang. jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. metode analisa yang digunakan adalah metode skoring, uji validitas dan reliabilitas, uji regresi berganda, ujia asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi spss statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen dan variabel dependen secara simultan dan parsial. hasil persepsi konsumen dari penelitian ini dari variabel kualitas penyajian rata-rata menjawab sangat baik dengan persentase 69,9% dan kualitas pelayanan rata-rata menjawab sangat baik dengan persentase 76,0%. persamaan regresi yang di peroleh adalah y = 10,129+ 0,237 x1 + 0,462x2 + e dan hasil penelitian dari variabel kualitas penyajian dan kualitas pelayanan menunjukkan bahwa memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kopi arabika dicoffe shop kota tarakan secara bersamaan nilai f 253,249 sig 0,000 < 0,05 dan secara terpisah diketahui kualitas penyajian terhadap keputusan konsumen bernilai 4,711 sig 0,000 < 0,05 serta pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen bernilai 13,318 sig 0,000 < 0,05 dan r square bernilai 0,775 atau 77,5 %.
Abstrak Indonesia
Arabica coffee (coffea arabica) is coffee that has a more delicious taste by having its own characteristics. a distinctive feature of arabica coffee is the picak seeds and dark green leaves and waves. this study aims to determine consumer perceptions of the quality of presentation and quality of service dicoffe shop kota tarakan and to analyze the influence of consumer perceptions (quality of presentation and service quality) on the purchase of arabica coffee. this research is descriptive qualitative and quantitative research and the sampling technique is purposive sampling (deliberate sampling with certain considerations) with 150 respondents. the type of data used is primary data through the distribution of questionnaires. the analytical method used is the scoring method, validity and reliability test, multiple regression test, classical assumption test and hypothesis test using statistical spss application to prove the influence of independent and dependent variables simultaneously and partially. the results of consumer perceptions of this study from the variable quality of the average response was very good with a percentage of 69.9% and the average service quality answered very well with a percentage of 76.0%. the regression equation obtained is y = 10,129+ 0.237 x1 + 0.462 x2 + e and the research results from the variable quality of presentation and service quality show that it has an influence on consumer decisions in purchasing arabica coffee dicoffe shop at kota tarakan at the same f value 253,249 sig 0,000 < 0.05 and separately it is known that the quality of presentation of consumer decisions is 4,711 sig 0,000 < 0,05 and the effect of service quality on consumer decisions is 13,318 sig 0,000 < 0,05 and r square is 0,775 or 77,5%.