
Karakteristik Usaha Pedagang Dan Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah Pepaya (Carica papaya l.) Di Pasar Buah Bandara Tarakan
Pengarang : Desi Rante Bua`
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Buah pepaya merupakan buah yang memiliki potensi budidaya dan produksi terbesar di kota tarakan. pemilihan pasar buah bandara tarakan sebagai lokasi penelitian dilakukan secara sengaja karena merupakan satu satunya pasar yang banyak menjual buah pepaya dan pasar yang mudah dijangkau oleh peneliti. pedagang buah di pasar buah bandara tarakan ditentukan secara purposive sampling dan teknik pengambilan sampel pada konsumen buah pepaya menggunakan teknik accidental sampling karena populasi tidak diketahui secara pasti. penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui karakteristik usaha pedagang buah pepaya (carica papaya l.), (2) untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian buah pepaya (carica papaya l.), (3) untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian buah pepaya (carica papaya l.). metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan alat bantu aplikasi spss. berdasarkan karakteristik usaha dari 9 pedagang menunjukkan bahwa pedagang memiliki usia produktif antara 35-60 tahun. pedagang perempuan lebih dominan dibandingkan pedagang laki-laki. pendidikan rata-rata smp & sma, jumlah tanggungan tiap keluarga kurang dari 5 orang. 1 pedagang dengan kepemilikan usaha keluarga dan lainnya usaha milik sendiri. pengalaman setiap berdagang mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun dengan lama berdagang setiap pedagang 11-16 jam/hari. penghasilan setiap pedagang mulai dari rp. 30.000 – rp. 200.000. karakteristik dari 60 responden yang membeli buah pepaya memiliki umur antara 39-43 tahun. responden yang lebih dominan dalam membeli adalah perempuan dengan persentase sebesar 55% dibandingkan laki-laki yang memiliki persentase sebesar 45%. berdasarkan tingkat pekerjaan, responden memiliki 4 jenis pekerjaan seperti nelayan, irt, swasta dan pns. pekerjaan swasta memiliki persentase tertinggi sebesar 47% dibandingkan jenis pekerjaan lainnya. untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di peroleh persamaan regresi yaitu y = 7,812 + 0,508x1 – 0,392x2 + 0,376x3 + 0,572x4 + e. berdasarkan hasil uji simultan (f) yang menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian (0,000 < 0,05). hasil uji parsial (t) menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan lokasi pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel lokasi (0,000 < 0,05). kesimpulan dari penelitian adalah semua variabel berpengaruh signifikan secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian buah pepaya di pasar buah bandara tarakan. beberapa saran dari peneliti bagi mahasiswa yang tertarik melakukan penelitian di tempat yang sama dengan peneliti, disarankan agar menambah jumlah sampel, jumlah variabel dan indikator variabel dari yang sudah diteliti selain dari produk, harga, promosi dan lokasi yang mempengaruhi keputusan pembelian agar lebih maksimal dengan hasil penelitian yang lebih bervariasi lagi.
Abstrak Indonesia
Papaya fruit is a fruit that has the greatest potential for cultivation and production in the city of tarakan. the selection of the tarakan airport fruit market as a research location was carried out on purpose because it is the only market that sells papaya fruit and a market that is easily accessible by researchers. fruit traders at the tarakan airport fruit market are determined by purposive sampling and sampling techniques for consumers of papaya using the accidental sampling technique because the population is not known with certainty. this study aims to (1) to determine the business characteristics of papaya fruit traders (carica papaya l.), (2) to determine the effect of marketing mix simultaneously and partially on consumer decisions in purchasing papaya fruit (carica papaya l.), (3) to determine the variables the most influential marketing mix on consumer decisions in purchasing papaya fruit (carica papaya l.). the method used in this research is qualitative and quantitative research methods using spss application tools. based on the business characteristics of 9 traders, it shows that traders have a productive age between 35-60 years. female traders are more dominant than male traders. the average education of middle & high schools, the number of dependents per family is less than 5 people. 1 trader with family business ownership and another own-owned business. the experience of trading each from 1 year to 10 years with the length of trading each trader 11-16 hours / day. the income of each trader starts from rp. 30,000 - rp. 200,000. the characteristics of the 60 respondents who bought papaya have ages between 39-43 years. respondents who were more dominant in buying were women with a percentage of 55% compared to men who had a percentage of 45%. based on the level of work, respondents have 4 types of work such as fishermen, irt, private and civil servants. private employment has the highest percentage of 47% compared to other types of work. to determine the effect of the marketing mix on purchasing decisions obtained a regression equation that is y = 7.812 + 0,508x1 – 0,392x2 + 0,376x3 + 0,572x4 + e. based on the results of simultaneous tests (f) which show that product, price, promotion and location variables have a simultaneous and significant effect on purchasing decisions (0,000 < 0.05). partial test results (t) indicate that the product, price, promotion and location variables have a significant influence on purchasing decisions while the variable that has the most influence on purchasing decisions is the location variable (0,000 < 0.05). the conclusion of the study is that all variables have significant and simultaneous significant influence on consumer decisions in purchasing papaya fruit at the tarakan airport fruit market. some suggestions from researchers for students who are interested in conducting research in the same place as researchers, it is suggested that increasing the number of samples, the number of variables and indicator variables that have been studied apart from products, prices, promotions and locations that influence purchasing decisions so that more leverage with results even more varied research.