
Analisis Permintaan Buah Anggur (Vitis sp.) Pada PT. Ramayana Department Store (Robinson Supermarket) Di Kota Tarakan
Pengarang : Nani Hidayati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Buah anggur merupakan salah satu buah yang mengandung gizi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh sehingga buah ini banyak beredar di pasar. pt. ramayana department store (robinson supermarket) di kota tarakan menjual buah anggur. ketersediaan buah anggur dipenuhi oleh permintaan buah anggur, peluang pasarnya ialah ke masyarakat yang berkunjung di supermarket ini. tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis permintaan buah anggur menggunakan metode analisis statistik deskriptif, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi serta elastisitas permintaan buah anggur menggunakan metode analisis regresi linier berganda dalam bentuk logaritma natural. persamaan regresi yang di peroleh adalah y = -39,582 -0,982x1 +0,347x2 -0,507x3 +0,238x4 +5,207x. model persamaan tersebut memiliki r2 sebesar 96,5% yang berarti bahwa variasi jumlah permintaan buah anggur dapat dijelaskan oleh variabel harga buah anggur, harga buah jeruk, harga buah apel, harga buah pear dan jumlah pembeli, sedangkan sisanya sebesar 3,5% dijelaskan oleh sebab lain yang tidak diikutsertakan dalam analisis ini seperti variabel pendapatan, selera dan ekspektasi. hasil uji simultan (f) seluruh variabel bebas secara serempak berpengaruh terhadap variabel dependent. hasil uji parsial (t) variabel harga harga buah anggur, harga buah apel dan jumlah pembeli memiliki pengaruh terhadap variabel dependent sedangkan variabel harga buah jeruk dan harga buah pear tidak memiliki pengaruh terhadap variabel dependent. elastisitas harga buah anggur bersifat inelastis (e < 1). inelastis berarti persentase permintaan jumlah buah anggur yang diminta lebih kecil dari persentase perubahan harga. elastisitas silang harga buah apel adalah barang komplementer terhadap jumlah permintaan buah anggur. berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan (1) hasil analisis jumlah permintaan buah anggur mengalami kenaikan dan penurunan, jumlah permintaan terkecil terjadi pada tahun 2013 sebesar 288.732 kg sedangkan jumlah permintaan terbanyak terjadi pada tahun 2017 sebesar 576.731 kg. (2) seluruh variabel bebas (x1-x5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent di daerah penelitian dengan nilai f hitung 21,878, namun secara parsial hanya variabel harga buah anggur dengan nilai t-hitung -3,097, harga buah apel dengan nilai t-hitung -2,966 dan jumlah pembeli dengan nilai thitung 5,834 yang berpengaruh signifikan terhadap variabel independent. variabel harga buah jeruk dengan nilai t-hitung 0,932 dan harga buah pear dengan nilai t-hitung 0,515 tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel independent. (3) elastisitas harga jumlah permintaan buah anggur terhadap harga buah anggur sebesar -0,982 yang artinya bersifat inelastis. elastisitas silang jumlah permintaan buah anggur terhadap harga buah apel sebesar 0,507 menunjukkan buah apel adalah barang komplementer (pelengkap). adapun saran kepada pt. ramayana department store di kota tarakan sebaiknya ketersediaan buah-buahan tetap terpenuhi agar permintaan buahbuahan juga terpenuhi. serta kepada peneliti selanjutnya disarankan agar memakai jenis data primer serta menambahkan variabel pendapatan dan selera konsumen untuk dimasa yang akan datang.
Abstrak Indonesia
Grapes are one of the fruits that contain high nutrition which is beneficial for the health of body so that the fruit is widely circulating in the market. pt. ramayana department store (robinson supermarket) in tarakan city sell grapes, market outsider to people who visit this supermarket. the purpose of this study are to analyze the demand for grapes using descriptive statistical, analyze the factors that influence and elasticity of demand for grapes using multiple linear regression analysis that form in natural logarithms.the regression equation is y = -39,582 -0,982x1 +0,347x2 -0,507x3 +0,238x4 +5,207x5 that have r2 amount 96,5% that means the variations in total demand of grapes can be explained by the variable price of grapes, the price of oranges, the price of apples, the price of pear and the number of buyers, while the remaining 3,5% is explaine by other reasons not included in this analysis such as income variable, taste and expectations. the results of simultaneous test (f) of all independent variable influence the dependent variable. the result of partial test (t) are the variable price of grapes, the price of apples and the number of buyers having influence on dependent variable. while the variable price of oranges and price of pear not having influence on dependent variable. the price elasticity of grapes is inelastic (e < 1). inelastic means the percentage of demand for the amount of grapes is smaller than the percentage change in price. cross elasticity of apple price is complementary item of demand for the amount of grapes.based on the discussion it can be concluded (1) the result of the analysis of the demand for grapes increased and decreased, the smallest number of requests in 2013 amount to 288.732 kg while the highest number of request in 2017 amount to 576.731 kg. (2) all independent variables simultaneously influence the dependent variable in this study area with number of f is 21,878, but partially only the variable price of grapes with number of t is -3,097, the price of apples with number of t is -2,966 and the number of buyers with number of t is 5,834 having influence on dependent variable. the variable price of oranges with number of t is 0,932, the variable price of pear with number of t is 0,515 not having influence on dependent variable. (3) the price elasticity of demand for the amount of grapes on the price of grapes is -0,982, which means it is inelastic. cross elasticity of demand for the amount of grapes on price of apples is complementary item.as for suggestions to pt. ramayana department store in tarakan city the availibility of fruits should be fulfilled so that the demand of fruits is also fulfilled and the next researcher is suggested to use primary data type and add variables of income and tastes consumer for the future.