UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Improving Speaking Ability Through Learning Community Of Second Grades Students At SMP N 4 Tarakan In Academic Year 2010/2011

Improving Speaking Ability Through Learning Community Of Second Grades Students At SMP N 4 Tarakan In Academic Year 2010/2011

Pengarang : Rachma Wintari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2011
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Alasan meneliti tentang improving speaking ability through learning community of second grades students at smp 4 tarakan in academic year 2010/2011. karena banyak siswa yang ingin berbicara dalam bahasa inggris dengan baik dan bena rakan tetapi banyak siswa kurang percaya diri untuk berbicara dalam bahasa inggris. salah satu cara untuk memperbaiki kemampuan berbicara siswa adalah dengan menggunakan belajar kelompok. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan belajar kelompok. penelitian ini menggunakan kuasieksperimen dengan desain kelompok pretest dan post-test. dalam penelitian ini hanya menggunakan kelompok eksperimen. kelompok eksperimen menerima perlakuan dengan menggunakan belajar kelompok. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-2. sampel ini dipilih secara purposif. data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan program spss 13.0. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang telah menggunakan belajar kelompok dan belum menggunakan belajar kelompok. dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai post test siswa lebih besar dari pre test siswa. hal ini berarti bahwa terdapat kemajuan dari kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan belajar kelompok. kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hasil yang signifikan dari hasil yang diperoleh siswa dengan menggunakan belajar kelompok untuk memperbaiki kemampuan berbicara siswa.

Abstrak Indonesia

The reason for research on improving speaking ability through learning community of second grades students at smp 4 tarakan in academic year 2010/2011. because many students who want to speak english well but many students lack the soft confidents to speak english. in other one, to improve students speaking ability is to use learning community. the purpose of this study was determine the presence of improving speaking ability through learning community. this study used a quasi experimental design with group pretest and posttest. in this study were drawn one group namely experimental group. the experimental group received treatment with study groups. the sample in this study were students in grade viii-2. these samples were selected purposively. the data obtained and analyzed using spss 13.0. the results of this study indicate that through learning community could improved students speaking ability. from the analysis of data showed that the result of posttest better than pretest. it means there was progress on students speaking ability eventhough it. the conclusion of this study is the has the significant result through learning community to improved students speaking ability.