
The Implementation Of National Education Standard At Junior High School Of Tarakan Academic Year 2010
Pengarang : Heri Dwianto
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2011Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian untuk menjelaskan tentang implementasi standar nasional pendidikan di sekolah menengah pertama di kota tarakan. penelitian ini dilakukann selama 20 hari di empat kecamatan di kota tarakan pada bulan juli 2011. sample diambil berdasarkan metode cluster sampling (sampel berdasarkan wilayah) dan stratified random sampling (pengambilan sampel bila jumlah populasi setiap wilayah tidak sama). jumlah wilayah kecamatan yang ada di tarakan adalah empat kecamatan, sehingga sampel yang diambil disesuaikan dengan banyaknya wilayah yang ada di kota tarakan. berdasarkan penjelesan tersebut dapat diketahui bahwa jumlah sample dalam penelitian ini adalah 4 (empat) sekolah. sekolah-sekolah yang menjadi sampel adalah smp negeri 6 tarakan, smp negeri 7 tarakan, smp negeri 8 tarakan, dan smp negeri 10 tarakan. proses pegumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. pada setiap proses, peneliti membawa instrument penelitian dan mengisi instrument tersebut sesuai dengan data dan informasi yang diperoleh pada setiap sekolah. data yang telah diperoleh diproses dengan menggunakan program microsoft excel pada software microsoft office. hasil analisis menunjukan bahwa implementasi standar nasional pendidikan sekolah menegah pertama di kota tarakan memiliki kriteria standar iii atau dalam analisis peneliti ini memiliki implementasi baik karena rata-rata presentase yang diperoleh berada pada 61%-90% atau tepatnya adalah 69.3%.
Abstrak Indonesia
Research objectives were to describe the implementation of national education standard in junior high schools of tarakan. this study did for 20 days in four districts at the city of tarakan in july 2011. sample taken based on the method of cluster sampling (sample by region) and stratified random sampling (sample if the total of population in each region aren’t same). the numbers of district in tarakan are four districts so sample taken based on number of district in tarakan. based on the explanation, it can be seen that the number of samples in this study is 4 (four) schools. the schools are being sampled is junior high school 6 tarakan, junior high school 7 tarakan, junior high school 8 tarakan, junior high school 10 tarakan. process of collecting the data was done by interview, observation, and document study. in each process, the researcher brings the research instrument and fill the instrument based the real data and information that has been obtained in each school. data that has been obtained was processed by using microsoft excel program in microsoft office software. the results of the analysis showed that the implementation of national education standards in tarakan has standard iii or in research analysis, school has a good implementation of standard national education because the mean percentage stay at 61%-90% or the exactly is 69.3%.