UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effect Of Using STAD Model To Increase Students’ Report Text Writing Skill Of Eleventh Grade Students At SMA Negeri 2 Tarakan In Academic Year 2011/2012

The Effect Of Using STAD Model To Increase Students’ Report Text Writing Skill Of Eleventh Grade Students At SMA Negeri 2 Tarakan In Academic Year 2011/2012

Pengarang : Noor Latifah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Sebagian besar siswa mendapat kesulitan dikala mereka belajar menulis, apalagi menulis dalam bahasa inggris. salah satunya adalah kurangnya rasa percaya diri dalam menuangkan ide dan menggembangkannya kedalam bentuk tulisan. disamping peran guru, peran aktif sesama siswa dalam belajar bekerja sama sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa, termasuk skill menulis. tujuan penelitian ini untuk menginvestigasi apakah ada efek yang signifikan dari penggunaan model stad (student teams achievement division) dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa di dalam menulis text report. sampel pada penelitian ini terdiri dari 56 siswa sman 2 tarakan yang diambil secara random cluster sampling. untuk mengukur kemajuan kemampuan menulis siswa, mereka diberikan tes menulis. kemudian data dianalisis menggunakan spss 13.0 for windows. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan pada nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 74.76 dan 52.44. diketahui juga melalui perbandingan antara t-test dengan t-table dan significant (2tailed) dengan level of significant. dari hasil data menunjukkan t-test lebih besar daripada t-table (5.451 > 1.674) dan significant (2-tailed) lebih besar daripada level of significant (0.739 > 0.05). itu berarti kelas yang diajar menggunakan model stad (student teams achievement division) memiliki nilai yang lebih baik daripada kelas yang diajar hanya menggunakan cara konvensional. dengan begitu, penggunaan model stad (student teams achievement division) dapat direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan siswa di dalam menulis text report.

Abstrak Indonesia

Most of students got difficulties when they studied writing, especially writing english. one of them was less the self confidence to into the ideas and development in writing. beside the teacher role, students’ role to cooperate in learning was important for increasing to students’ skill, not except writing skill. the aim of this research was to investigate whether any significant difference from used stad (student teams achievement division) model to increase students’ report writing skill. sample of this research included 56 students at sma negeri 2 tarakan take it as random cluster sampling. to measure the students’ writing report skill, they given writing test. then the data was analyzed by using spss 13.0 for windows. result of this research was point out that any significant difference in posttest of means score between experimental and control group were 74.76 and 52.44. it knew toward compared between t-test with t-table and significant (2-tailed) with level of significance. from the result of data showed t-test score was bigger than t-table (5.451 > 1.674) and significant (2-tailed) bigger than level of significance (0.739 > 0.05). it means the class who taught by using stad (student teams achievement division) model, had better score than class taught by using conventional way. shortly, the employing of stad (student teams achievement division) model could be recommended to increase students’ writing report skill.