
Improving Reading Comprehension Through CIRC Learning Model Of Cooperative Learning To The Second Grade Students Of SMP Negeri 7 Tarakan In Academic Year 2011/2012
Pengarang : Lia Ariestantia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks narasi. penelitian ini telah dilaksanakan di smp negeri 7 tarakan yang berlokasi di jl. diponegoro, kelurahan pamusian, kecamatan tarakan tengah dari bulan mei 2012 sampai bulan juni 2012. subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan smp negeri 7 tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 terdiri dari 33 siswa. subyek diajar bahasa inggris dengan menggunakan metode circ. kriteria ketuntasan minimal dalam penelitian ini adalah 72. untuk menentukan keberhasilan dari penelitian ini, ada kriteria keberhasilan yaitu: 80% dari jumlah siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal. untuk mengukur penguasaan kemampuan membaca siswa, tes membacaa telah didistribusikan. untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, lembar observasi telah digunakan dalam penelitian ini. dalam penelitian ini, kriteria keberhasilan yaitu; 80% dari total siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum. pada setiap siklus. berdasarkan dari kriteria keberhasilan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan metode circ dapat meningkatkan pengetahuan serta pemahaman siswa dalam membaca dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. ini dibuktikan dari hasil tes membaca, observasi siswa dan guru. dari hasil tes membaca pada siklus 1 hanya ada enam siswa atau 18,1% yang mendapatkan nilai 61-80 yang termasuk kategori baik, dan delapan belas siswa atau 54,5% mendapatkan nilai sangat baik. dan dalam siklus ke dua, dua puluh satu siswa atau 63,6% mendapat nilai yang termasuk dalam kategori baik serta dua belas siswa atau 36,3% mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik.
Abstrak Indonesia
The objectives of this research is: to improve the student’s reading comprehension by using circ learning model. this research was conducted in smp negeri 7 tarakan located on jl. diponegoro, tarakan from started from may 2011 until june 2012. the subject of this research was the seventh year students of smp negeri 7 tarakan in academic year 2011/2012 consisting of 33 students. the subject was taught english by using circ learning model. the minimum passing grade in this research was 72. to determine the success of this study, there was a criteria of success namely; 80% of the total students could pass the minimum passing grade. to measure the reading of the students, reading test was distributed. to know the students’ and teacher’s activities in teaching learning process, the observation sheet was employed. based on the criteria of success, this research result showed that reading test can increase the students’ comprehension in reading. this was proven from the result from reading test, students’ and teacher’s observation. from the reading test result in cycle 1 there were only 12 (36,3%) students didn’t pass the criteria of success, and 21 (63,3%) students who could pass the criteria of success. and in cycle two all of the students could pass the criteria of success.