UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of A Proposed English Syllabus For Kindergarten Students At TK Bhayangkari  Tarakan

A Proposed English Syllabus For Kindergarten Students At TK Bhayangkari Tarakan

Pengarang : Wulan Octavia Putri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian dilaksanakan yang bertujuan mengembangkan silabus pengajaran bahasa inggris untuk murid tk bhayangkari tarakan. penelitian ini memakai desain penelitian pengembangan. untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam perancangan silabus ini, guru bahasa inggris diwawancara. tahapan pengembangan meliputi melakukan analisis kebutuhan, penggunaan model yalden, membuat proto-silabus, menulis silabus pengajaran, melakukan validasi ahli, uji coba produk, dan revisi silabus. silabus ini terdiri dari (1) tujuan pengajaran; (2) tema dan sub-tema; (3) aktivitas pembelajaran;;(4) peniliaan; (5) alokasi waktu; (6) media, dan (7) sumber. silabus ini divalidasi oleh para ahli di bidang pengajaran bahasa inggris untuk mencocokan kesesuaian topik dalam silabus. revisi dilakukan berdasarkan saran, koreksi, kritik dari para ahli dan kemudian produk ini akan diujicobakan kepada pengajar bahasa inggris di tk bhayangkari tarakan dengan membuat rencana pengajaran (lesson plan) berdasarkan silabus ini. hasil akhir pengembangan ini berupa satu set silabus pengajaran bahasa inggris untuk murid tk bhayangkari tarakan dilengkapi dengan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) dan contoh materi yang terdapat di dalam silabus. materi yang dibahas adalah yang berkaitan dengan minat dan kebutuhan siswa dan guru dan ruang lingkup belajar dan keseharian siswa. hasil analisis kebutuhan melalui wawancara menunjukkan bahwa tujuan dan keterampilan bahasa inggris yang dikembangkan mata pelajaran ini adalah berhubungan dengan penambahan kosakata baru bagi murid, keterampilan yang meliputi membaca pemahaman dan presentasi. keterampilan menyimak meliputi menyimak percakapan. keterampilan berbicara meliputi melakukan percakapan dan menjawab pertanyaan guru. sedangkan keterampilan menulis meliputi melengkapi huruf.

Abstrak Indonesia

The study was conducted to propose a syllabus for english course for students at tk bhayangkari tarakan. this research employed research and development (r&d) design. to obtain the information needed as a base for designing english syllabus, english teacher interviewed. the procedures of development cover needs analysis, using yalden's model, production of proto-syllabus, production of pedagogical syllabus and revision based on expert validation and try-out of the proposed syllabus. the proposed syllabus which contained (1) instructional objectives; (2) theme and sub theme; (3) teaching and learning activities; (4) the assessment; (5) the time allocation; (6) media; and (7) the source. it was validated by two experts who have expertise in teaching english to check the appropriateness of the topics in the proposed syllabus. further verification was conducted by trying-out the proposed syllabus involving the english teacher of tk bhayangkari tarakan to make lesson plan based on the proposed syllabus. the result of this research and development was a set of english syllabus for students at tk bhayangkari tarakan as well as the sample of lesson plan and instructional material included in this proposed syllabus. the material in this proposed syllabus is dealing with students’ interest and need as well as teacher at students’ environment. concerning the methodology, the results revealed that teaching and learning activities are dealing with increasing new vocabularies, reading english texts, having perfomance, listening to the expression in the conversation.