
Analisis Biaya Kerusakan Jalan Akibat Muatan Berlebih (Overload) (Studi Kasus : Jl.P. Irian, Kota Tarakan)
Pengarang : Nollie Aprialdy
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Jalan raya merupakan sarana perkembangan globalisasi juga mempengaruhi tingkat mobilitas yang berdampak pada penggunaan kendaraan, yang bertujuan untuk melakukan aktivitas perekonomian maupun sosial, sehingga existensi kendaraan bertambah dan mengakibatkan kelebihan muatan (overload). hal ini memungkinkan kerusakan jalan lebih cepat terjadi dari perkiraan awal umur jalan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah jalan p.irian masih tergolong dalam keadaan jalan yang perlu di beri perawatan dan mengetahui seberapa besar analisis biaya kerusakan jalan pada jalan p.irian di kota tarakan. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pci atau (pavement condition index) dimana peneliti langsung melakukan peninjauan secara langsung di lapangan. data yang di peroleh akan di analisis menggunakan metode pci dan dari data tersebut akan di ambil kesimpulan tentang perbaikan pada ruas jalan p.irian. hasil analisis ini menunjukkan bahwa kondisi jalan p.irian dalam keadaan “fair” dimana jalan harus di perbaiki di lapis permukaan atau overlay. untuk merencanakan lapis permukaan di gunakan analisis metode aashto 1993 agar mendapatkan perencanaan lapis tambah permukaan. adapun rencana lapis permukaan setelah di analisis yaitu 6.85 inch atau 17 cm. serta anggaran biaya untuk luas keseluruhan biaya perbaikannya nya sebesar rp. 249.730.000,00
Abstrak Indonesia
A highway is a much needed tool for every traffic that passes through it, therefore road conditions was very influential on every user passing through it. the development of globalization also influences the level of mobility that has an impact on vehicle use, which aims to carry out economic and social activities, so that the existence of vehicles increases and resulting in overloading.this allows road damage to occur faster than the initial estimated life of the road. this study aims to determine whether the p.irian road was still classified in the state of the road that needs to be given care and know how much the analysis of road damage costs on the p.irian road in the city of tarakan. the method used in this study uses the pci method or (pavement condition index) where researchers directly conducted a direct observation in the field. the data obtained will be analyzed using the pci method and conclusions will be drawn from the data on the repair of the p.irian road segment. in this analysis showed that the condition of the road in p.irian was in a "fair" condition where the road must be repaired on the surface layer or overlay. to plan the surface layer used the analysis of the 1993 aashto method in order to obtain a layer-plus surface plan. as for the surface layer plan after being analyzed that was 6.85 inch or 17 cm. and the cost budget for the total cost of repairs was rp.249.730.000,00