UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Implementation Of American English And Culture Program In Daily Activities For IELSP  Students At Arizona State University USA

The Implementation Of American English And Culture Program In Daily Activities For IELSP Students At Arizona State University USA

Pengarang : Oktavia Candra Putri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan budaya amerika dalam kegiatan belajar mengajar pada aecp (american english and culture program) untuk siswa ielsp (indonesia english language study program) di universitas negeri arizona. jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. penelitian dilaksanakan pada sesi musim gugur kedua, yaitu mulai tanggal 22 oktober 2011 sampai dengan 17 desember 2011 di universitas negeri arizona. responden penelitian adalah mahasiswa penerima beasiswa ielsp (indonesia english language study program) dengan jumlah 17 orang yang terdiri dari 7 orang lakilaki dan 10 orang perempuan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aecp (american english and culture program) memiliki aturan waktu yang tegas, yaitu 600 menit untuk kelas-kelas inti dan 200 menit untuk kelas pilihan pada sesi 8 minggu. kelas inti terdiri dari kelas listening/speaking dan kelas reading/writing. 98% guru listening/speaking menggunakan proyektor liquid crystal display, 100% menggunakan komputer, and 92% menggunakan selebaran sebagai media belajar. pada reading/writing, 81% guru menggunakan proyektor liquid crystal display, 79% menggunakan komputer, 90% menggunakan selebaran dan hanya 17% penggunaan overhead projector. pada kelas pilihan, 90% guru menggunakan baik proyektor liquid crystal display dan komputer. hanya 88% guru menggunakan selebaran. perilaku guru terhadap siswa sangat ramah, selalu mendukung, dan tegas. selain itu, aecp (american english and culture program) juga mengenalkan budaya amerika dengan mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam aktivitas kebudayaan yang telah disiapkan. dengan terlibat langsung dalam aktifitas-aktifitas kebudayaan, mahasiswa juga dapat belajar tentang bahasa tubuh dan cara bersikap.

Abstrak Indonesia

The objective is to describe the implementation of american culture in teaching learning activities in aecp (american english and culture program) for ielsp (indonesia english language study program) students at arizona state university. the research design is descriptive qualitative. the research was conducted in session fall 2 from october 22 nd , 2011 to december 17 , 2011 at arizona state university. the respondent was grantee of ielsp (indonesia english language study program) which consisted of 17 students where 7 students are male and 10 students are female. the result shows that aecp (american english and culture program) has a straight time policy. it has 600 minutes for core classes and 200 minutes for elective class of missed class time for 8 weeks session. the core class consists of listening/speaking class and reading/writing class. 98% of listening/speaking instructor used liquid crystal display projector, 100% used computer, and 92% used handout as teaching media. in reading/writing, 81% instructors used liquid crystal display projector, 79% used computer, 90% used handout and only 17% usage of overhead projector. in elective class, 90% instructors used both liquid crystal display projector and computer equally in the classroom. there was only 88% of handout usage. instructors’ attitudes towards students were friendly, always give encouragement, and straight at the same time. beside that, american english and culture program helped the students to understand american culture in general by inviting the students to participate in the cultural activities. by involving directly in cultural activities, students may also learn american gestures and how to behave