
The Levels Of English Grammar Ability And Writing Skill Of Senior High School Graduates In Bulungan Regency In Academic Year 2010/2011
Pengarang : Elda Bte Sampe
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi levels dan menentukan apakah ada korelasi yang signifikan antara levels gammar ability dan writing skill. populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang baru saja lulus setahun dari sma yang ada di kabupaten bulungan, kemudian melanjutkan ke pendidikan dibeberapa perguruan tinggi yang ada di tarakan. penentuan teknik sampel menggunakan tehnik stratified random sampling. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa dari berbagai universitas di tarakan. berdasarkan hasil perhitungan statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata responden pada grammar ability lebih rendah daripada writing skill (30.67 < 35.20). kedua variabel tersebut masuk dalam kategori rata-rata. dari hasil penghitungan statistik korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan korelasi antara grammar ability dan writing skill. hal ini dibuktikan dengan nilai r-test lebih tinggi daripada nilai r-tabel. dimana skor r-test adalah 0,506 dan skor untuk r-tabel adalah 0,361 (0,506> 0,361) pada level signifikansi 5% atau 0.05. kekuatan keeratan hubungan antara grammar ability dan writing skill (h diterima dan h ditolak) adalah di level >0,5-0,75 yang berarti variabel memiliki korelasi sedang. itu berarti ada korelasi antara grammar ability dan writing skill. o hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa (a) nilai rata-rata grammar ability lebih rendah daripada writing skill dan kedua variabel tersebut masuk dalam kategori rata-rata; (b) dalam penelitian ini terdapat korelasi yang signifikan antara grammar ability dan writing skill. dengan kata lain, semakin tinggi skor responden pada grammar ability, semakin baik juga skor yang didapatkan responden pada writing skill. dari hasil penelitian ini, siswa diharapkan agar selalu meningkatkan grammar ability dengan cara sering mengerjakan latihanlatihan. guru juga diharapkan agar dapat menyediakan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan latihan writing di dalam kelas dan memberikan tugas writing.
Abstrak Indonesia
The aims of this research are to investigate the levels and to determine whether there is significant correlation between levels of grammar ability and writing skill. the population of this research is students of senior high school graduates from bulungan regency that were studying in some university in tarakan. the sample technique is stratified random sampling technique. the sample of this research consisted of 30 students from a variety of university in tarakan. based on the research result of descriptive statistic shows that mean score of respondents’ grammar ability is lower than writing skill (30.67 < 35.20). both of the variables are categorized into moderate classification. from the statistic correlation computation it is found that there is any significant correlation between respondents’ grammar ability and writing skill. it means that the value of r-test is higher than the value of r-table. where the score of r-test is 0.506 and the score for r-table is 0.361 (0.506 > 0.361) in the level of significance 5% or 0.05. the interpretation of the strength of correlation coefficient between levels of english grammar ability and writing skill is in level >0.5-0.75, that means the variables have a moderate correlation. it can be concluded there is any significant correlation between english grammar ability and writing skill (h is accepted and h o 1 is rejected). the research result concluded that (a) mean score of grammar ability is lower than writing skill and both of the variables are in moderate classification; (b) in this research there is significant correlation between grammar ability and writing skill. in other word, the higher the respondents score on grammar ability, the better score the respondents get on writing skill. from this research, respondents should improve their grammar ability by doing exercises. teacher should provide an opportunity to the students for doing a writing practice in the class and give students writing assignments.