
Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Kelas VIII–2 Di SMP Negeri 8 Tarakan Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Dengan Menggunakan Media Visual
Pengarang : Nuryani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2011Abstrak Indonesia
Prestasi belajar biologi .pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah proses yang dialami siswa yang menghasilkan perubahan dalam bidang pengetahuan, pengetahuan, pemahaman, penerapan, daya analisis, sintetis dan evaluasi. .fokus penelitian ini adalah bagaimanakah perhatian dan prestasi siswa setelah penerapan pembelajaran model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan media visual. pada mata pelajaran biologi dikelas viii - 2 smpn 8 tarakan . pembelajaran metode jigsaw adalah suatu metode pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam suatu kelompok yang bertanggung jawab atas pengusaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagiantersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya.. media visual adalah media gambar yang dipergunakan untuk memvisualisasikan atau menyalurkan pesan dari sumber kepenerima pesan. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. metode pengumpulan datan yang menggunakan metode observasi, dan dokumentasi.. dari dari dua siklus yang diterapkan, dapat dilihat pada evaluasi nilai post test,rata-rata siswa mendapatkan nilai yang sedang. pada siklus 1 adalah 55, 44 pada siklus ii adalah 61,21, , presentase peningkatan nilai siswa pada siklus i sebesar 24,8 %, pada siklus ii sebesar 4,74 %. hal ini berarti siswa sudah semangat dalam belajar dan model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan media visual ini sudah berhasil..fungsi dari penelitian ini adalah sebagai konstribusi dalam meningkatkan prestasi siswa serta mempermudah para guru dalam menyampaikan materi biologi, khususnya materi peredaran darah pada manusia.
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi