UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Cyberbullying (Studi Kasus Pada SMP Negeri 10 Tarakan)

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Cyberbullying (Studi Kasus Pada SMP Negeri 10 Tarakan)

Pengarang : Faujiah Ariyanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi cyberbullying (studi kasus pada smp negeri 10 tarakan). pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analisis deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, guru waka kesiswaan, dan guru tata tertib yang berada di smp negeri 10 tarakan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi cyberbullying kepada siswa adalah memberikan layanan konseling individu dengan memberikan bimbingan atau pemahaman sebanyak 3 kali, memberikan poin cyberbullying, memberikan skorsing sebanyak 3 hari, memanggil orangtua, dan dengan memberikan kegiatan tambahan. untuk siswa yang menjadi korban cyberbullying juga diberikan bimbingan atau pemahaman dan motivasi-motivasi sebanyak 2 sampai 3 kali, diberikan kegiatan tambahan atau mengikutkan siswa dalam olahraga dilapangan supaya siswa tidak merasa trauma, mau bergaul dengan yang lain atau dengan temannya, dan tidak berujung menjadi depresi. kata kunci: upaya guru bimbingan dan konseling, cyberbullying

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to figure out the efforts made by the guidance and counseling teachers to overcome cyberbullying (a case study at smp negeri 10 tarakan). the research used a descriptive-qualitative analysis using a case study method. the research informants were the guidance and counseling teachers, vice principal for student affairs, and teachers for discipline affairs at smp negeri 10 tarakan. the research data were collected using interviews and documentation. the collected data were then analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. the results show that the efforts made by the guidance and counseling teachers to overcome cyberbullying committed by the students were by providing individual counseling services for 3 times and giving understanding related to cyberbullying points giving a 3-day suspension, inviting the parents to school, and giving additional activities. the students who became the cyberbullying victims were also given guidance or understanding and motivation for 2-3 times: giving additional activities such as joining sports in the field, so that the students would not feel traumatized, willing to hung out with others, and not ending up in depression. keywords: efforts, guidance and counseling teachers, cyberbullying