
Pengaruh Fasilitas Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MA Alkhairaat Tarakan
Pengarang : Sarahwati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan di ma alkhairaat tarakan pada kelas xii. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh fasilitas dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii ma alkhairaat tarakan . penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. sampel penelitian ini adalah 31 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner fasilitas dan kreativitas belajar serta dokumen hasil belajar matematika. data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu spss 23.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii ma alkhairaat tarakan dengan persamaan regresi Ŷ1 = 19,793 + 0,638 x. terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii ma alkhairaat tarakan dengan persamaan regresi Ŷ2 = 30,205 + 0,490 x. terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara fasilitas belajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii ma alkhairaat tarakan sebesar 52,4% dengan persamaan regresi Ŷ = 4,399 + 0,537x1 + 0,348x2. kata kunci: fasilitas belajar, kreativitas belajar, hasil belajar matematika
Abstrak Indonesia
This research was classified into a quantitative study with a survey method conducted at grade xii of ma alkhairaat tarakan. the purpose of this research was to figure out the effect of learning facility and creativity on mathematical research was conductedin the odd semester of the academic year 2021/2022. the research samples were 31 students selected using a nonprobability sampling technique. the research data were collected data were then processed using a statistical data processing program of spss 23.0. the research results show that partially, learning facility significantly affected the mathematical learning achievements of grade xii students at ma alkhairaat with the regression equation y1 = 19.783 + 0.638 x; partially, learning creativity significantly affected the mathematical learning achievements of grade xii students at ma alkhairaat tarakan with the regression equation y2 = 30.205 + 0.490 x; and simultaneously, learning facility and learning creativity significantly affected the mathematical learning achievements of grade xii students at ma alkhairaat tarakan by 52.4% with the regression equation y = 4.399 + 0.537x1 + 0.348x2. keywords: learning facility, learning creativity, mathematical learning archievement