UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of A Descriptive Comparative Study Of Differences And Similarities In Learning Method And Media Used By English Teachers At Fifth Grade Of Chiang Rai Municipality School 2 And SDS Indo Tionghoa Tarakan

A Descriptive Comparative Study Of Differences And Similarities In Learning Method And Media Used By English Teachers At Fifth Grade Of Chiang Rai Municipality School 2 And SDS Indo Tionghoa Tarakan

Pengarang : Eka Wulandari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan persamaan dalam metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru bahasa inggris di chiang rai municipality school 2 dan sds indo tionghoa tarakan. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan desain deskriptif komparatif. subjek dalam penelitian ini adalah dua guru bahasa inggris dari sekolah chiang rai municipality school 2 dan dua guru bahasa inggris dari sds indo tionghoa tarakan. instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. dalam kuesioner, para guru diminta untuk menjawab teks kuesioner. setelah memberikan itu, peneliti mengumpulkan rencana perencanaan pelajaran guru. peneliti mengambil beberapa gambar kelas atau media yang digunakan oleh para guru. langkah-langkah menganalisis data adalah yang pertama kali dilakukan oleh peneliti yaitu mengurangi data atau memilih item utama dan menghapus data yang tidak perlu, kedua peneliti menampilkan data ke dalam teks narasi, dan yang terakhir, peneliti menyimpulkan data. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dan persamaan dalam menggunakan metode pembelajaran dan media oleh guru di chiang rai municipality school 2 dan sds indo tionghoa tarakan. peneliti menyimpulkan bahwa proses pembelajaran di chiang rai municipality school 2 lebih baik daripada sds indo tionghoa tarakan. karena metode yang lebih bervariasi yang digunakan oleh guru di chiang rai municipality school 2 dan juga lebih banyak media pembelajaran yang tersedia di kelas, maka proses pembelajaran di sana lebih efektif dan nyaman bagi siswa daripada di sda indo tionghoa tarakan.

Abstrak Indonesia

This study objective was to find out the differences and similarities in learning method and media used by english teachers at chiang rai municipality school 2 and sds indo tionghoa tarakan this study was an qualitative research and used descriptive comparative design. the subjects in this study were two english teachers of chiang rai municipality school 2 and two english teachers of sds indo tionghoa tarakan. the instruments in this study were questionnaire and documentation. in the questionnaire, the teachers were asked to answer the questionnaire text. after gave that, the researcher collected the teachers’ lesson plans. the researcher took some pictures of classroom or media that used by the teachers. the first steps of analyzing the data were the researcher reduced the data or chosen the main items and deleted useless data, second the researcher displayed the data into narrative text, and the last, the researcher concluded the data. the study result showed that there were differences and similarities in using learning method and media by the teachers at chiang rai municipality school 2 and sds indo tionghoa tarakan. the researcher concluded that the learning process at chiang rai municipality school 2 as better than sds indo tionghoa tarakan. due to more varied methods that used by teachers at chiang rai municipality school 2 and also more learning media available in the classroom, so the learning process there are more effective and convenient for the students than at the sda indo tionghoa tarakan.