UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Metode Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus Jalan Pulau Irian)

Studi Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Metode Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus Jalan Pulau Irian)

Pengarang : Hadi Pratama

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan hubungan perekonomian, baik antara satu kota dengan kota lainnya, maupun antara kota dengan desa dan antara satu desa dengan desa lainnya. perkerasan lentur yang baik, harus mempunyai kualitas dan ketebalan dimana tidak akan rusak akibat beban kendaraan. namun, prasarana yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan. penelitian ini bertujuan untuk menilai kondisi perkerasan jalan dan tingkat kerataan jalan pada ruas jalan guna mengetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan yang terjadi pada ruas jalan, mencari dan menentukan penanganan atau pemeliharaan berdasarkan kerusakan yang terjadi. menghitung nilai kerusakan jalan, untuk mengetahui kondisi kerusakan jalan dan tingkat kerataan jalan adalah dengan menggunakan metode pavement condition index (pci) dan present serviceability index (psi). setelah melalui beberapa tahap pengumpulan data dan analisa data menggunakan metode pavement condition index (pci) dan present serviceability index (psi), dapat disimpulkan bahwa kondisi ruas jalan pulau irian dengan panjang 450 m terdapat 8 jenis kerusakan yang terjadi. hasil yang didapat dari analisa data pada kerusakan ruas jalanpulau irian, didapat nilai pci yaitu 56 dengan ratting sedang (fair) berdasarkan ratting kondisi perkerasan pavement condition index (pci), sedangkan untuk present serviceability index (psi) didapat nilai psi 3,44 dikategorikan baik.

Abstrak Indonesia

The road is a land transportation infrastructure that is very important in facilitating economic relations activities, both between one city and another, and between cities and villages and between one village and another. good flexible pavement, must have quality and thickness which will not be damaged due to vehicle loads. however, infrastructure that is burdened by high volumes of traffic and repeatedly will cause a decline in road quality. this study aims to assess the road pavement conditions and the level of road alignment on road sections to determine the type and level of road damage that occurs on the road, find and determine handling or maintenance based on damage. calculating the value of road damage, to determine the condition of road damage and the level of road flatness is to use the pavement condition index (pci) and present serviceability index (psi) methods. after going through several stages of data collection and data analysis using the pavement condition index (pci) method and the present serviceability index (psi), it can be concluded that the condition of the irian island road section with a length of 450 m has 8 types of damage. the results obtained from the analysis of the data on the damage to jalan jalan irian, obtained the pci value is 56 with fair ratting based on pavement conditions pavement pavement condition index (pci), while for the present serviceability index (psi) obtained psi value 3.44 is categorized good