UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Bercerita Fabel Dengan Media Video Lukisan Pasir Di Kelas VII-3 SMP Negeri 3 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Bercerita Fabel Dengan Media Video Lukisan Pasir Di Kelas VII-3 SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Israiyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita fabel dengan media video lukisan pasir di kelas vii-3 smp negeri 3 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di smp negeri 3 tarakan pada semester i tahun ajaran 2017/2018. subjek penelitian adalah siswa kelas vii-3 smp negeri 3 tarakan yang berjumlah 30 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. pada tahap perencanaan, peneliti menyusun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. pada tahap tindakan, peneliti melakukan rangkaian kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. setelah melakukan tindakan, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui dampak dampak yang timbul dari pelaksanaan tindakan tersebut. selanjutnya, peneliti melakukan refleksi untuk mengevaluasi dampak yang telah diamati untuk diperbaiki pada siklus selanjutnya. pada penelitian ini, peneliti memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik. pada siklus i, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 23% sebanyak 7 siswa, sedangkan pada siklus ii meningkat menjadi 90% sebanyak 27 siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video lukisan pasir dapat meningkatkan pembelajaran fabel pada siswa kelas vii-3 smp negeri 3 tarakan. sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. penggunaan media pembelajaran video lukisan pasir pada siswa kelas vii–3 smp negeri 3 tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. media video lukisan pasir membuat siswa lebih antusias pada saat proses pembelajaran dan menarik minat belajar siswa, meningkatkan daya serap dan daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran serta meningkatkan daya serap dan daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi