
Meta Analisis Berbagai Jenis Model Pembelajaran Pada Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kalimantan Utara
Pengarang : Fitri Nur Andriani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Meta analisis merupakan metode statistik untuk menggabungkan hasil kuantitatif dari beberapa penelitian untuk menghasilkan rangkuman secara keseluruhan atau pengetahuan empiris pada topik tertentu. penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya pengaruh berbagai jenis model pembelajaran pada penelitian kuasi eksperimen di kalimantan utara terhadap pemahaman kognitif siswa pada pembelajaran biologi pada jenjang smp/mts dan sma/ma dengan menggunakan metode meta analisis. skripsi yang di temukan yang memenuhi kriteria dan dapat di hitung effect size-nya sebanyak 31, teknik analisis datanya menggunakan aplikasi openmee dengan analisis effect size menggunakan interval kepercayaan 95% dan alfa 0,05. temuan penelitian ini mengungkapkan secara keseluruhan penelitian penelitian yang menggunakan model pembelajaran pada kelas eksperimen memberikan pengaruh dan efektif terhadap hasil belajar biologi siswa dengan besar rata-rata nilai effect size 11,206 atau dalam kategori efek besar. pengaruh penggunaan model pembelajaran juga dapat dilihat berdasarkan jenjang pendidikan dan jenis model pembelajaran yang digunakan. simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran pada penelitian kuasi eksperimen memberikan pengaruh pada kelas eksperimen
Abstrak Indonesia
Meta-analysis is a statistical method combining quantitative results from several studies to result in simultaneous summary or empirical knowledge on a particular topic. this research aimed to figure out the influence of various type of learning models in quasi-experimental research in north kalimantan on the biology cognitive understanding of students at smp/mts and sma/ma levels using a meta-analysis method. this research was proven meeting the criteria and could calculate the effect size, which was 31. the data were then analyzed using openmee application with effect size analysis using the confidence interval of 95% and alpha of 0.05. the research findings revealed that all research studies using the learning models in the experimental classes had an effech size value of 11.206 or classified into large effect category. the effect of the utilization of learning models could also the seen based on education levels and types of learning models used. the conclusion shows that the utilization of learning models in quasi-experimental research effected the experimental classes