UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Tingkat Kepuasan Petani Padi Terhadap Pelayanan Penyuluh Pertanian Di Desa Panca Agung

Analisis Tingkat Kepuasan Petani Padi Terhadap Pelayanan Penyuluh Pertanian Di Desa Panca Agung

Pengarang : Rendy Kristian

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini di latar belakangi untuk mengetahui atribut pelayanan penyuluh pertanian di desa panca agung dan untuk mengetahui tingkat kepuasan petani padi terhadap penyuluh pertanian di desa panca agung. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui atribut pelayanan penyuluh pertanian di desa panca agung, (2) metode analisis customer satisfaction index (csi) untuk mengetahui tingkat kepuasan petani padi terhadap penyuluh pertanian di desa panca agung. hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini adalah, (1) atribut pelayanan penyuluh pertanian di desa panca agung yaitu (keandalan, kesigapan, jaminan, empati dan bukti fisik), dengan respon rata-rata respon petani merasa puas, (2) tingkat kepuasan petani padi terhadap penyuluh pertanian di desa panca agung, hasil dari csi diperoleh bahwa tingkat kepuasan petani pada kategori puas atas pelayanan penyuluh pertanian dengan nilai csi sebesar 75.34%. nilai tersebut berada pada rentang antara 60% < csi ≤ 80%. kata kunci: atribut pelayanan penyuluh, analisis customer satisfaction

Abstrak Indonesia

The background of this research is to determine the attributes of the extension services in panca agung village and to determine the increase in rice farmers' satisfaction with agricultural extension workers in panca agung village. the methods used in this study are (1) descriptive qualitative analysis to determine the service attributes of agricultural extension workers in panca agung village, (2) the customer satisfaction index (csi) analysis method to determine the increase in farmer satisfaction with agricultural extension workers in panca agung village. the results obtained in this study are, (1) the attributes of agricultural extension services in panca agung village, namely (reliability, alertness, assurance, empathy and physical evidence), with an average response of feeling satisfied, (2) increasing rice farmer satisfaction on agricultural extension workers in panca agung village, the results of the csi obtained that the level of satisfaction of farmers in the category of satisfied with agricultural instructors with a csi value of 75.34%. this value is in the range between 60% < csi 80%. keywords: attributes of extension services, customer satisfaction analysis