UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Adversity Quotient Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tarakan

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Adversity Quotient Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Misrah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan adversity quotient siswa kelas ix smp negeri 2 tarakan. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket adversity response profile (arp), soal tes kemampuan berpikir kritis, pedoman wawancara dan dokumentasi. kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data untuk membantu dalam menganalisis dan pemerikasaan keabsahan data. subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa yang mewakili setiap kategori adversity quotient. berdasarkan analisis data yang dilakukan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kategori climber (tinggi) melalui semua indikator berpikir kritis yaitu klarifikasi, assessmen, strategi dan penyimpulan dalam menyelesaikan setiap tes yang diberikan sehingga diperoleh penyelesaian yang tepat. subjek dengan kategori camper (sedang) hanya mampu melalui tahap klarifikasi dan assessmen dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan sehingga penyelesaian pemecahan masalah yang diberikan kurang tepat. sedangkan subjek dengan kategori quitter (rendah), hanya mampu memenuhi tahap klarifikasi dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. kata kunci: adversity quotient, kemampuan berpikir kritis

Abstrak Indonesia

This study aimed to analyze the mathematic critical thinking skills based on the adversity quotient of grade ix students at smp negeri 2 tarakan. this research was a descriptive study with a qualitative approach. the research subjects were selected using a purposive sampling technique. the research data were collected through observation, adversity response profile (arp) questionnaire, critical thinking ability test questions, interview guidelines, and documentation. the collected data were then analyzed using data reduction, data presentation, conclusion drawing, and data triangulation to help check the data analysis and validity. the research subjects were 3 students representing each adversity quotient category. the data analysis results show that the research subjects were categorized into climber (high) after passing through all critical thinking indicators (clarification, assessment, strategy, and conclusion) in completing each given test, so that the correct solution was eventually obtained. the subjects with the camper (medium) category were only able to pass through the clarification and assessment stages in solving the given problems, so that the problem-solving given was not appropriate meanwhile, the subjects in quitter (low) category were only able to fulfill the clarification stage in solving the given problems. keywords: adversity quotient, critical thinking ability