
Implikasi Asimetri Informasi Terhadap Budgetary Slack Pada Perusahaan Manufaktur Dengan Self Esteem Sebagai Variabel Pemoderasi (Suatu Penelitian Eksperimen Dalam Konteks Penganggaran Partisipatif)
Pengarang : Febria Ramadhana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) implikasi asimetri informasi terhadap budgetary slack; (2) pengaruh self esteem pada hubungan asimetri informasi terhadap budgetary slack. dimana sampelnya merupakan randomized partisipan (partisipan acak) sebanyak 45 orang berdasarkan kategori yang telah ditentukan sebelumnya dan dibagi menjadi tiga kelompok untuk menjadi pengambil keputusan. metode pengumpulan data melalui metode eksperimental dengan menggunakan kuesioner dan manipulasi pada subjek penelitian. uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah ancova . hasil penelitian menggunakan analisis completely randomized within-subject design pada spss 16.0 menunjukkan bahwa (1) asimetri informasi berimplikasi terhadap budgetary slack. hal tersebut ditunjukkan oleh nilai f ratio 93.004 dengan nilai signifikansi 0.0000. (2) self esteem tidak mempengaruhi hubungan asimetri informasi terhadap budgetary slack. hal tersebut ditunjukkan oleh interaksi antara asimetri informasi dan self esteem (asimetri*self) memiliki fhitung sebesar 0.331 dan hasil p-value sebesar 0,720 dimana nilai tersebut lebih besar dari 0,05 yang berarti nilai tersebut menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap budgetary slack yang signifikan.
Abstrak Indonesia
This study is an experimental research that aims to determine: (1) the implications of information asymmetry to budgetary slack; (2) the influence of self esteem on the relationship of information asymmetry to budgetary slack. where the sample is a randomized participant (random participants) of 45 people based on predetermined categories and divided into three groups to become decision makers. methods of data collection through experimental methods using questionnaires and manipulations on the subject of research. hypothesis test used in this research is ancova. the result of the research using completely randomized withinsubject design in spss 16.0 shows that (1) information asymmetry has implication to budgetary slack. it is shown by the value of f ratio 93.004 with a significance value 0.0000. (2) self esteem does not affect the relationship of information asymmetry to budgetary slack. this is indicated by the interaction between information asymmetry and self esteem (asymmetry * self) having fcount of 0.331 and p-value of 0.720 where the value is greater than 0.05 which means that the value indicates no significant effect on budgetary slack.