
Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Di Kota Tarakan
Pengarang : Janus
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dinas kependudukan dan catatan sipil kota tarakan yang diukur berdasarkan kepuasan masyarakat dengan menggunakan indeks kepuasan masyarakat (ikm). penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis indeks kepuasan masyarakat dengan hasil desain dalam bentuk angka. penelitian dilakukan di kota tarakan. teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling (secara acak). teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan kuesioner. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan masyarakat (ikm) untuk pelayanan dinas kependudukan dan catatan sipil kota tarakan adalah 2,98 dengan angka konversi sebesar 74,5. maka kinerja kualitas pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan cukup baik. hasil dari 9 indikator indeks kepuasan masyarakat dengan nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut : (1) persyaratan pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 76 dengan kategori kurang baik. (2) prosedur pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 76,5 dengan kategori kurang baik. (3) waktu penyeleaian petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 72,5 dengan kategori kurang baik. (4) biaya/tarif pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 75,25 dengan kategori kurang baik. (5) tanggung jawab petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 75,25 dengan kategori baik. (6) kompetensi pelaksana petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 75,25 dengan kategori kurang baik. (7) perilaku pelaksana petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 78,5 dengan kategori baik. (8) penanganan pengaduan petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 75,5 dengan kategori kurang baik. (9) sarana dan prasarana petugas pelayanan memiliki nilai ikm sebesar 76,75 dengan kategori baik.
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to know the quality of service of population and civil registration agency of the tarakan city regency measured by public satisfaction by using satisfaction index (ikm). this research is a descriptive research type using analysis of satisfaction index of society with result of design in the form of number. the research was conducted in the tarakan city. the sampling technique used is random sampling technique (randomly). technique of data collecting is done by observation, documentation, questioner and interview. the results showed that the value of satisfaction index (ikm) for the service of population and civil registration regency of the tarakan city is 2.98 with the conversion rate of 74.5. then the performance of the quality of public service is in the category of good service quality. the results of 9 indicators of satisfaction index of public with value between 0-100, are as follows : (1) terms of service have an ikm value equal to 76 with poor category. (2) service procedure has ikm value of 76.5 with poor category. (3) the time of completion of the service officer has ikm value equal to 72.5 with poor category. (4) service fees/rates has ikm value equal to 75.25 with poor category. (5) responsibility of service officer has ikm value equal to 75.25 with poor category. (6) executive competence of service personnel has a value of ikm of 75.25 with poor category. (7) the executing behavior of service personnel has ikm value equal to 78.5 with good category. (8) complaint handling services officers have a ikm value of 75.5 with poor category. (9) fasilities and infrastructure service officers have a ikm value of 76.75 with good category.