
Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas XII IIS-4 SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Ria Nurhalimah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas xii iis-4 sma negeri 3 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di sma negeri 3 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk). subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xii iis-4 sma negeri 3 tarakan. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru dan siswa. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tes kemampuan pemahaman konsep matematis, data hasil observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru dan siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus i sebesar 66,67% dan siklus ii mengalami peningkatan menjadi 80,56% dengan indikator keberhasilan minimal 70% siswa kelas xii iis-4 sma negeri 3 tarakan memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kategori minimal baik. berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas xii iis-4 sma negeri 3 tarakan. kata kunci: kemampuan pemahaman konsep matematis, model pembelajaran discovery learning
Abstrak Indonesia
This research aimed to improve the students' ability to understand the mathematical concepts through discovery learning model at grade xii iis-4 of sma negeri 3 tarakan. this research was conducted in the even semester of academic year 2020/2021 at sma negeri 3 tarakan. this study used classroom action research (car). the research subjects were grade xii iis-4 students at sma negeri 3 tarakan. the data were collected using test instrument for the students' ability to understand the mathematical concepts, observation sheet for implementing the learning activities performed by the teachers and students. the data were then analyzed using the data related to the students' ability to understand the mathematical concepts, observation to the implementation of learning activities performed by the teachers and students. this research was conducted in 2 cycles, in which each cycle consisted of three meetings. the research results show that the students' ability to understand the mathematical concepts in cycle i was 66.67%, while that in cycle ii increased up to 80.56%. the minimum success indicator was 70% of grade xii iis-4 at sma negeri 3 tarakan had the ability to understand the mathematical concepts with the minimum category of good. based on the research results, it can be concluded that the implementation of discovery learning model could improve the ability to understand the mathematical concepts of grade xii iis-4 students at sma negeri 3 tarakan. keywords: ability to understand the mathematical concepts, discovery learning model